Detail Karya Ilmiah

  • Abstraksi

    Baihaqi, Ahmad. 2014. Potret Warung Kopi Di kawasan Kota Gresik Sebagai Media Ruang Publik ( Studi Deskriptif Kualitatif Warung Kopi Di kawasan Kota Gresik ). Skripsi. Ilmu Komunikasi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya. Univerisitas Trunojoyo Madura. Pembimbing : Surokim, S.Sos, M.Si Imam Sofyan. S.Sos, M.Si Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fungsi dan peran warung kopi sebagai media ruang publik di kawasan kota Gresik. Pergeseran fungsi ini karena banyakknya warung kopi di kawasan kota Gresik dimanfaatkan berbagai lapisan kalangan untuk berkumpul dan berkomunikasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan studi pustaka. Bertujuan untuk mengetahui fungsi dan peran warung kopi sebagai media ruang publik dan isu apa saja yang sering di bahas di warung kopi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori ruang publik Jurgen Habermas. Warung kopi di kawasan kota Gresik memang kini berfungsi sebagai media ruang publik. Hasil riset ini adalah 1) warung kopi di kawasan kota Gresik kini mulai mengalami pergeseran fungsi menjadi media ruang publik 2) isu yang sering dibahas di warung kopi yaitu isu politik, isu sosial, isu gadget, isu olahraga dan isu yang berkembang di media massa atau isu yang muncul secara spontan. Kata kunci : Ruang Publik, fungsi dan peran warung kopi, isu.

    Abstraction

    Baihaqi, Ahmad. 2014. The Images of Coffee shops in Gresik Region as a Public Space Media (A Qualitative descriptive study of Coffee Shops in Gresik Area). A thesis. Communication Department. Faculty of Social and Cultural Science. University of Trunojoyo Madura. Advisor (I) Surokim, S.Sos, M.Si; (II) Imam Sofyan. S.Sos, M.Si The purpose of this study is to determine the role and function of coffee shops as public space media in Gresik area. The shifting of function is occurred by the many established coffee shops in Gresik that are used by many levels of society to gather and communicate. The study applies descriptive qualitative method where the data collecting technique is conducted through literary research, interviews and observations. These has a purpose to determine the role and function of coffee shops as a public space media and also to discover the occurred issue that is frequently discussed in coffee shops. The theory used is public space theory by Jurgen Habermas. Coffee shops in Gresik area have a recent function as public space media. The results of study are: 1) there is a shifting function of coffee shops in Gresik as public space media, 2) the issues that are frequently discussed are political, social, gadget technology, sport and issues that arise in mass media or spontaneously occurred. Keywords: Public space, the role and function of coffee shops, issues.

Detail Jurnal