Detail Karya Ilmiah

  • KONSEP DIRI ANAK TKI DALAM POLA KOMUNIKASI ANTARPRIBADI
    Penulis : MOCHAMMAD SHOLAKHUDDIN
    Dosen Pembimbing I : Dr. Yuliana Rahmawati, S.sos, M.Si
    Dosen Pembimbing II :Imam Sofyan, S.sos, M.Si
    Abstraksi

    Mochammad Sholakhuddin. NIM. 10.05.3.1.1.00071. 2014. Konsep Diri Anak TKI Dalam Pola Komunikasi Antarpribadi. Dibawah Pembimbing I Dr. Yuliana Rahmawati, S.sos, M.Si, dan Pembimbing II Imam Sofyan, S.sos, M.Si. ABSTRAKSI Penelitian ini ingin memahami konsep diri anak TKI dalam pola komunikasi antarpribadi. Lokasi penelitian di Kecamatan Robatal, dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Wawancara mendalam, dokumentasi dan observasi, digunakan sebagai cara untuk mengumpulkan data dari para informan. Pemilihan informan menggunakan metode purposive sampling, dan analisis data dilakukan dengan metode Milles dan Huburman. Hasil penelitian menunjukkan konsep diri anak TKI pada anak yang di tinggal bekerja orang tua mereka mengalami perubahan konsep diri dari yang positif menjadi negatif. Saat masih ada kedua orang tua mereka mempunyai perilaku anak yang baik, sopan, penurut, ceria, akan tetapi berubah menjadi konsep diri yang negatif. Penting juga jalinan komunikasi antara anak dengan orang tua mereka melalui telfon atau komunikasi tidak secara tatap muka, agar anak tetap terkontrol perilakunya hingga tidak menjadi perilaku yang negatif. Namun tidak sedikit dari wali pengasuh anak TKI, tidak adanya tanggung jawab karena mereka telah lelah atas perilaku anak asuh yang sulit untuk di nasehati. Hal ini malah komunikasi verbal wali pengasuh sering marah-marah kepada anak asuh mereka dan membuwat konsep diri anak menjadi negatif dan anak akan mencari rasa kenyamanan kepada teman atau sahabatnya yang mengerti masalah-masalah saat dihadapi anak TKI. Konsep diri merupakan salah satu bagian terpenting dalam membangun komunikasi antarpribadi khususnya para orang tua yang bekerja menjadi TKI dan wali pengasuh anak TKI tersebut. Dengan hubungan komunikasi keluarga anak akan bisa saling memperkuat keakraban dan membangun jalinan komunikasi yang baik kepada wali pengasuh dan orang tua mereka. Kata kunci : Konsep diri, Pola Komunikasi , anak TKI

    Abstraction

    Mochammad Sholakhuddin. NIM. 10.05.3.1.1.00071. 2014. Self-Concept of TKI’s Children in Interpersonal Communication Patterns. Thesis advisors Dr. Yuliana Rahmawati, S.sos, M.Si, and Imam Sofyan, S.sos, M.Si. ABSTRACT This research aims to understand self-concept of TKI’s children in interpersonal communication patterns. The location of this research take a place in Robatal subdistrict, by using qualitative descriptive method. Deep interview, documentation and observation are used as a way to collect the data from the informants. The Selection of the informants using purposive sampling method and data analysis conducted by using qualitative descriptive method. The result of this reseach shows that self-concept of TKI’s children who left by their parents to work have self-concept changes from positive to negative. When their parents were by their side, they had good behavior, respectful, obedient, and cheerful, but then have changed to the negative self-concept as their parents left. It is also important to make a communication between parents and children by phone or indirect communication in order to control their behavior so that their behavior will not become negative. However, many of TKI’s children’s childminder are lack of respondibility because they were tired of TKI’s children’s behaviour that is hard to be advised of. This makes the verbal communication of chilminder turns bad as they often getting mad at those children who they take care of and it makes self-concept of those children become negative and they will looking for pleasantness to their friend or their bestfriend who understand the problems which is faced by TKI’s children. Self-concept is one of the most important part in building an interpersonal communication especially for those parents who work as TKI and for those childminder of TKI’s children. By building a communication between family, children will support and close each other and build a better communication to their childminder and their parents. Key word : Self-concept, Communication Pattern, TKI’s children

Detail Jurnal