Detail Karya Ilmiah

  • TEKNIK HUBUNGAN INTERPERSONAL MENTOR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI ANAK AUTIS DI SEKOLAH KEBUTUHAN KHUSUS BANGUN BANGSA
    Penulis : Nabilah Muhammad
    Dosen Pembimbing I : Dr. Yuliana Rakhmawati, S.Sos. M.Si
    Dosen Pembimbing II :Dinara Maya Julijanti, S.Sos. M.Si
    Abstraksi

    Nabilah Muhammad, NIM. 100531100070, Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya, Universitas Trunojoyo Madura. Skripsi Tentang Teknik Hubungan Interpersonal Mentor Dalam Meningkatkan Komunikasi Anak Autis Di Sekolah Kebutuhan Khusus Bangun Bangsa. Penelitian ini bertujuan menganalisis teknik hubungan interpersonal mentor dalam meningkatkan kemampuan anak autis di Sekolah Kebutuhan Khusus Bangun Bangsa. Latar belakang masalah dalam penelitian ini dimana di Sekolah Kebutuhan Khusus Bangun Bangsa peningkatan komunikasi anak autis tidak bisa diprediksi dan tidak bisa dalam waktu yang cepat tetapi butuh waktu yang sangat lama atau waktu yang tidak bisa ditentukan, dan peneliti ingin tahu bagaimana teknik mengajar yang baik antara mentor dengan anak autis. Peniliti menggunakan teori kebutuhan hubungan interpersonal dan beberapa kerangka konsep yaitu: komunikasi antarpribadi, mendengarkan komunikasi interpersonal, peran tugas, tanggung jawab seorang guru sebagai pendidik dan pengajar serta kaitannya dengan konsep dasar perilaku, dan human relation dan motivasi. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi, informan yang dipilih untuk dijadikan sampel menggunakan Purposive Sampling. Dan data yang diperoleh menggunakan teknik analisis data yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Teknik pemeriksaan keabsaan data menggunakan triangulasi sumber data. Hasil penelitian ditunjukkan bahwa teknik hubungan interpersonal mentor dengan anak autis dimana mentor berkomunikasi dengan anak autis menggunakan komunikasi verbal atau ucapan, dan anak autis berkomunikasi dengan mentor lebih menggunakan komunikasi nonverbal atau tindakan. Dimana fakta yang terjadi di lapangan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi anak autis pada saat proses belajar mengajar mentor lebih menggunakan media gambar, dan mentor harus tahu apakah anak autis mendengarkan dengan apa yang diajarkan. Ada beberapa tahap teknik hubungan interpersonal mentor harus yakin, percaya diri, memanajemen atau mengendalikan interaksi, dan anak autis harus bisa beradaptasi dengan mentor. Kata Kunci : Mentor, Anak Autis, Sekolah Kebutuhan Khusus Bangun Bangsa, Teknik Hubungan Interpersonal.

    Abstraction

    Nabilah Muhammad, NIM. 100531100070, Communication Science Study Program, Cultural and Social Faculty, University of Trunojoyo Madura. Thesis is about Mentor Interpersonal Relation Technique in Improving Autism Children Communication in Special Needs School ‘Bangun Bangsa’. This research aim to analyzes mentor interpersonal relationship technique in improving autis children capabilities in BangunBangsa Special Need School. Theoretical background of this problem in this research which BangunBangsa Special Need School in communication improvement autis children is unpredictable and unable in quick duration but it is takes long time or undetermined time, and the researcher want to recognize how good teaching technique between mentor and autis children. The researcher using interpersonal relationship need theory and several concept frame that are : interpersonal communication, interpersonal communication listening, role task, teacher’s responsible as educator and teacher as well as behavior basic concept, and human relation and motivation. Method that being used is descriptive qualitative method. Data collection technique is performed through observation, in-depth interview and documentation, informant is chosen as samples by using Purposive Sampling. And data that already obtained is using data analysis technique that consists of data reduction, data presentation and making conclusion or verification. Data validity testing technique is using data source triangulation. The result of the research shows mentor interpersonal relation technique with autism children in which mentor communicates with autism children by using oral or verbal communication, and autism children communicate with mentor by mortalitas using action or non verbal communication. Facts in the field to improve autism children communication during the learning process is that mentor uses more picture media, and mentor must know whether autism children listening or not the subject that being taught. There are several steps in the interpersonal relation technique in which mentor must have faith, self confidence, manage or control interaction, and autism children must be able to adapt with mentor. Keywords: Mentor, Autism Children, Special Needs School ‘Bangun Bangsa’, Interpersonal Relation Technique.

Detail Jurnal