Detail Karya Ilmiah

  • Abstraksi

    ABSTRAK Astutik NRP.10.05.311.000.53 program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial Dan Budaya, Universitas Trunojoya, Madura. Skripsi tentang Pola Komunikasi Di Matahari Departemen Store Bangkalan Dalam Meningkatka Efektivitas Kelompok Kerja. Matahari Departemen Store merupakan organisasi yang bergerak di bidang ritel. Walaupun masih tergolong baru tapi telah banyak prestasi yang di raih. Kelompok kerja di bentuk untuk menfokuskan kerja karyawan, sehingga peneliti tertarik untuk meneliti bagaimana pola komunikasi yang terjadi di MDS Bangkalan. Lokasi penelitian di Matahari Departemen Store Bangkalan jln. Kusuma Bangsa Kabupaten Bangkalan Madura. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, melalui wawancara .mendalam, observasi dan dokumentasi. Peneliti mengumpulkan data dari informan untuk memperoleh informasi yang di butuhkan serta pengetahuan. Informan yang di pilih untuk di jadikan sample yaitu menggunakan teknik sampling porposif dan analisis data yang di peroleh menggunakan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini, di deskripsikan melalui pemaparan berbagai informasi dan temuan selama ini. Hasil penelitian menunjukkan di Matahari Departemen Store Bangkalan terdapat dua aru komunikasi yaitu vertical (komunikasi ke atas dan komunikasi ke bawah) dan komunikasi horizontal. Pola komunikasi model roda lebih efektif dalam kelompok, sedangkan pola komunikasi model lingkaran kurang efektif, hal tersebut menjadi penghambat keefektifan kelompok salah satunya yaitu dengan timbulnya konflik. Akan tetapi MDS Bangkalan mampu mengatasi permasalahan tersebut dengan gaya kepemimpinan yang otoriter. Gaya komunikasi Manager personalia adalah controlling style, sedangkan supervisor sendiri lebih menggunakan the equlitarian style. Kata kunci: Komunikasi Organisasi Kelompok Kerja

    Abstraction

    ABSTRACT Astutik NRP.10.05.311.000.53 programs Communication Studies, Faculty of Social and Cultural Studies, University of Trunojoya, Madura. Thesis on Communication Patterns In The Sun Department Store Bangkalan In Improving Effectiveness Working Group. Matahari Department Store is an organization that is engaged in retail. Although still relatively new but has a lot of achievements in reach. The working group was formed to focus employees, so that researchers interested in examining how communication patterns that occur in MDS Bangkalan. The location of research in the Sun Department Store Bangkalan Kusuma National road Bangkalan Madura. The method used in this researchs is a qualitative method, through in-depth interviews, observation and documentation. Researchers collected data from informants to obtain needed information and knowledge. Informants were selected to be made in the sample that is used porposif sampling techniques and analysis of the data that was obtained using data analysis techniques of data reduction, data presentation and conclusion. The results of this study, described by the exposure of a variety of information and findings so far. The results showed in the Matahari Department Store Bangkalan there are two communication flow is vertical (upward communication and down ward communication) and horizontal communication. Pattern wheel models more effective communication within the group, while the pattern of circular models are less effective communication, it is a barrier to the effectiveness of the groups one of which is the conflict. However MDS Bangkalan able to overcome these problems with the authoritarian leadership style. Personnel Manager communication style is more to the controlling style, while the supervisors themselves more using the equlitarian style. Key word: organizational communication working group

Detail Jurnal