Detail Karya Ilmiah
-
Repersentasi Budaya Madura dalam Iklan Sirup Marjan Versi Ayo Mandiin Sapi (Analisis Semiotika Komunikasi Pada Iklan Sirup Marjan Ayo Mandiin SapiPenulis : ACH AZIMY HAMDYDosen Pembimbing I : Dewi Quraisyin,S.Pd.I.,M.SiDosen Pembimbing II :Abstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang repersentasi budaya Madura dengan menggunakan analisis semiotika komunikasi Roland Barthes dalam iklan Sirup Marjan versi ayo mandiin sapi. Penelitian ini berusaha membuka makna dari tanda-tanda yang digunakan sekaligus menyingkapkan pesan yang secara tersembunyi yang terkandung di dalam iklan ini. Untuk itu penulis melakukan penelitian kualitatif dengan fokus pada adegan-adegan yang menggambarkan budaya Madura, untuk kemudian menyeleksi adegan-adegan dalam iklan yang merepresentasikan budaya Madura. Pilihan tema budaya Madura oleh produser iklan ini sangat menarik dan mempunyai karakter tersendiri terutama tentang karapan sapi, pakaian adat Madura, serta bahasa maupun logat Madura. Pulau Madura yang berada di wilayah pulau Jawa Timur dikenal sebagai pulau garam, dan eksotik, sehingga dikenal secara nasional maupun internasional. Adapun hasil dari analisis iklan sirup marjan versi ayo mandiin sapi di atas ditemukan beberapa kesimpulan sebagai berikut adanya bentuk syukur masyarakat Madura dalam lensa, serta karapan sapi, pakaian adat Madura, Bahasa Madura merupakan kebudayaan budaya Madura yang harus dilestarikan dan selalu di ingat bagi masyarakat Madura khususnya bagi para pemuda sehingga nantinya budaya Madura yang esensinya menjadi identitas masyarakat Madura tidak hilang tergelus moderisasi zaman. Kata Kunci: Represents, Budaya Madura, iklan, semiotika komunikasi
AbstractionThis study aims to provide an overview of cultural representation Madura using semiotic analysis of Roland Barthes in advertising communication Syrup Marjan versions come bathed cows. This study tries to establish the meaning of the signs used at once reveal hidden messages that are contained in this advertise. So, the writer do qualitative research with a focus on scenes depicting the culture of Madura, and then select scenes in advertise that represent the culture of Madura. Madura culture theme selection by the producer of this ad is very interesting and has its own character, especially about bull-races, clothing Madura custom, as well as language and accent Madura. Madura Island in East Java is known as the island of salt, and exotic, so it is known both nationally and internationally. The results of analysis advertising syrup Marjan version let's bathe cows above found some conclusions as follow their form of gratitude Madurace in the lens, and the bullraces, clothing Madura custom, Madura languange is a Madura culture, which must be preserved and always remember to society Madura especially for the youth so that later Madurace culture that its essence into the Madurace identity is not lost by modernization times. keywords: Representation, Madura Culture, advertising, communication semiotics