Detail Karya Ilmiah

  • KOMUNIKASI NON VERBAL GURU PADA MURID TUNARUNGU DI SDLB NEGERI DESA KELEYAN KECAMATAN SOCAH KABUPATEN BANGKALAN
    Penulis : Alfan Roziqi
    Dosen Pembimbing I : Dinara Maya Julijanti, S.Sos.,M.Si.
    Dosen Pembimbing II :
    Abstraksi

    Alfan Roziqi. 100531100003. 2015. “Komunikasi Non Verbal Guru Pada Murid Tunarungu Di Sekolah Dasar Luar Biasa Negeri Desa Keleyan Kecamatan Socah Kabupaten Bangkalan”. Skripsi. Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya Universitas Trunojoyo Madura. Dosen Pembimbing : Dinara Maya Julijanti, S.Sos.,M.Si. ABSTRAK Proses komunikasi dapat terjadi dimana saja dan kapan saja. Salah satunya proses komunikasi berlangsung di sekolah. Komunikasi yang berlangsung disekolah dapat ditemui saat proses belajar mengajar berlangsung. Komasi yang ada dalam proses belajar mengajar pada sekolah pada umumnya menggunakan media berupa verbal (tulisan dan membaca ujaran). Sedangkan pada sekolah khusus seperti pada sekolah yang diperuntukkan anak berkebutuhan khusus seperti tunarungu, komunikasi yang digunakan adalah komunikasi non verbal. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengungkap komunikasi non verbal antara guru dengan murid tunarungu di SDLB Negeri Keleyan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan melakukan pengamatan langsung di lapangan serta melakukan wawancara mendalam dengan guru tunarungu kelas 1 dan kelas 6 guna menggali informasi tentang komunikasi non verbal pada anak tunarungu. Subjek dari penelitian ini adalah guru tunarungu kelas 1 dan kelas 6. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dnegan menggunakan observasi, interview, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Selanjutnya, teknik keabsahan data yang digunakan peneliti adalah triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan komunikasi non verbal yang dipakai di guru SDLB Negeri Keleyan dalam mengajar murid tunarungu adalah bahasa tubuh yang berupa isyarat tangan, gerak kepala, dan ekspresi wajah. Pada kelas 1 dan 6 tunarungu ada dua perbedaan yang terlihat, yaitu proses komunikasi non verbal dan pengalaman mengajar gurunya. Sedangkan untuk bahasa tubuh yang sering dipakai adalah isyarat tangan. Isyarat tangan dalam ketunarunguan sering disebut dengan istilah SIBI atau Sistem Isyarat Bahasa Indonesia. Kata Kunci : Komunikasi Non Verbal, Bahasa Tubuh, Tunarungu

    Abstraction

    Alfan Roziqi. 100531100003. 2015. “Non Verbal Communication teacher deaf student at Elementary School for the disabilities Keleyan Village, Socah District, Bangkalan Region”. A thesis. Communication Department. Faculty of Cultural and Social Science. University of Trunojoyo Madura. Advisor: Dinara Maya Julijanti, S.Sos., M.Si ABSTRACT The process of communication can occur in anytime and anywhere. One of them is communication during the learning process at school. Communication that happen during the learning process usually applies verbal as the media (written form and reading utterence), while at school for the disabilities – the deaf for example- the communication applied is non verbal. Therefore, the purpose of the study is to determine the non verbal communication between deaf students and their teachers at Keleyan Stated Elementary School for the Disabilities. This research uses a qualitative descriptive research method with direct observation in the field and conduct in-depth interviews with deaf teacher class 1 and class 6 in order to gather information about non-verbal communication in children with hearing impairment. The subject of this study is deaf teacher grade 1 and grade 6. Data collection techniques in this study circuitry using observation, interview, and documentation. Analysis of the data used is data reduction, data presentation and conclusion. Furthermore, the technique validity of the data used by researchers is source triangulation. The result of the study shows that the non verbal communication applied by the teacher int teaching the deaf are gestures of hand, head movement and face expression. On the first and six grade, there are two significant differences; the process of non verbal communication and the experiences of the teacher. In the other side, the body language that commonly used is hand gestures. Hand gestures -in a field of deaf- is commonly known by the term of SIBI or Gesture System of Indonesian Language. Keywords : Non Verbal Communication, Body Language, deaf.

Detail Jurnal