Detail Karya Ilmiah
-
Peran Lembaga Pondok Pesantren dalam Peningkatan Pendidikan Pemuda Era Modern (Studi Kasus pada Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil Kelurahan Demangan, Kabupaten Bangkalan)Penulis : Fathol ArifinDosen Pembimbing I : Aminah Dewi Rahmawati, S.Sos., M.SiDosen Pembimbing II :Merlia Indah Prastiwi, S. Sos., M. SosioAbstraksi
ABSTRAK Fathol Arifin, NIM: 100521100041, Peran Lembaga Pondok Pesantren dalam Peningkatan Pendidikan Pemuda Era Modern (Studi Kasus pada Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil Kelurahan Demangan, Kabupaten Bangkalan). Skripsi, jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya, Universitas Trunojoyo Madura. Pembimbing, Ibu Aminah Dewi Rahmawati, S. Sos., M. Si dan Ibu Merlia Indah Prastiwi, S. Sos., M. Sosio. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran lembaga Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil dalam meningkatkan pendidikan pemuda era modern di Demangan Bangkalan. Manfaat penelitian ini secara teoritis dapat memberikan kajian ilmiah tentang peran lembaga pondok pesantren dalam dunia pendidikan serta memperkaya khasanah keilmuan dan pengetauhan sosiologi lebih luas. Secara praktis, dapat dipakai sebagai data dasar dalam meningkatkan dan mengembangkan pendidikan serta memberikan pengetahuan dan wawasan kepada peneliti secara sosiologis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan metode pendekatan studi kasus. Untuk mendapatkan data dalam penelitian ini dengan cara observasi dan wawancara. Sumber data diperoleh dari data sumber primer dan sekunder. Metode pemilihan informan yang digunakan adalah Purposive Sampling, yaitu sebanyak delapan informan. Teknik analisis data dalam penelitian ini melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dengan menggunakan triangulasi sumber dan metode untuk proses keabsahan data melalui perbandingan data yang diperoleh di lapangan dari hasil wawancara ke delapan informan. Teori yang digunakan adalah Struktural fungsional Talcot Parsons dengan skema AGIL. Dengan memfokuskan pada analisis tindakan sosial dalam sebuah strukur kelembagaan yang terdiri dari sistem dan sub sistem yang terorganisir dan termanajemen. Dalam kajiannya, terdapat fungsi dan peran yang harus dilaksanakan berdasarkan posisi individu dalam sebuah struktur. secara otomatis individu memiliki status dan peran yang melekat pada dirinya untuk difungsikan berdasarkan norma dan nilai yang berlaku. Dalam ranah praktis kajian AGIL berpusat pada keteraturan (equilibrium) dalam sebuah sistem sosial dengan memusatkan perhatiannya pada tindakan individu dalam organisasi secara struktural fungsional. Berdasarkan hasil dari penelitian ini, bahwa Lembaga Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil dalam proses perjalannya telah mengalami proses perubahan dalam bidang pendidikan, dari tidak mengenal adanya sekolah hingga mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman modern, namun proses peningkatan pendidikan yang ada di pondok pesantren sebagai lembaga belum mampu menciptakan sistem manajemen dan sistem organisasi dalam proses transformasi pendidikan yang lebih baik dan berkualitas. Kata Kunci: Peran Lembaga, Pondok Pesantren, Pendidikan, Pemuda era modern
AbstractionABSTRACT Fathol Arifin, NIM: 100521100041, The Role of Boarding School in Education Enhancement of Youth in Modern Era (Case Studies in Boarding School Syaichona Moh. Cholil Demangan Village, Bangkalan Regency). Thesis, Sociology Department, Culturan and Social Science Faculty, Trunojoyo University of Madura, under guidance Aminah Dewi Rahmawati, S. Sos., M.Si and Merlia Indah Prastiwi, S.Sos., M. Sosio. The purpose of this studiy is to know how The Role of Boarding School in Education Enhancement of Youth in Modern Era in Demangan Bangkalan. This Research advantage theoritically is to give scientific study about The Role of Boarding School in education and enrich science and knowledge about sociology in modern era that who become a symbol of the progress of science and technology era. Practically, it can be used as a basic data in Enhancement and education improvement also give knowledge and insight to researcher. The method used in this research is a qualitative method by case studies approach. To collect data in this research used observasion and interview. Data resourch is got by primary and secondary data, the methode used in choosing informants is Purposive Sampling, they are eight informants. Data analysis technique in this research use data reduction, data representation and conclusion withdrawal by using sourch triangulation and data validity method by comparin between the data obtained in the field from interview result of eight informants. The theory used is Fungtional Structural of Talcot Parson by AGIL scheme. By focusing on social action analysis in a institutional structure which consist of organized and manageable system and sub-system. In the studies, there are functions and roles that sould be implemented based on individulal position in a stucture. It automatically has the status and role attached to him to be functionalized based on prevailing norms and values. In practial sphere AGIL studies centeres on equlibrium in social system and pays attention of individual action in organization functionally structural. Based on this research result, the Boarding School institution Syaichona Moh. Cholil in its journey has taken some changes in education, by it didn’t recognize a school, and now it can be adapted by development of modern era, yet the process of improving the quality of education in the Boarding School as a instution has not be able to creat management and organization system in better education tranformation process and good quality. Key words: The Role of Intitution, Boarding School, Education, Youth of Modern Era.