Detail Karya Ilmiah

  • PERAN PONDOK PESANTREN DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN AGAMA PADA MASYARAKAT ( Studi Kasus Pada Pondok Pesantren Nurul Huda Gili Raja Sumenep)
    Penulis : Ach. Faiki,
    Dosen Pembimbing I : Bangun Sentosa, DH. P.hD.
    Dosen Pembimbing II :Drs. Subandri, MS.
    Abstraksi

    ABSTRAK Ach Faiki,100521100028, 2014: Peran Pondok Pesantren Nurul Huda Dalam Meningkatkan Pendidikan Agama Di Pulau Gili Raja Gili Genting Sumenep. Penelitian ini dilatar belangi oleh ketertarikan peneliti terhadap keberadaan Pondok Pesantren Nurul Huda Di Gili Raja Gili Genting Sumenep, peandidikan yang ada dipondok pesantren ini merupakam pendidikan keagamaan pertama yang ada dipulau gili raja yang didalamnya terdapat pendidikan forrmal dan non formal, pesantren ini sudah banyak meluluskan ribuan santri yang sangat berpengaruh keberadaannya di tengah-tengah masyarakat, khususnya masyarakat Gili Raja, selain itu Pesantren Nurul Huda juga mendidik para sanrinya untuk menjadi insan yang yang bermoral dan berguna bagi nusa bangasa dan Negara. Fokus dalam penelitian ini yaitu: Bagaimana Peran Pondok Pesantren Nurul Huda Dalam Meningkatkan Pendidikan Agama Pada Masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk Mengatahui Peran pondok pesantren Nurul Huda Dalam Penigkatan Agama Di Masyarakat Gili Raja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendakatan studi kasus, metode pengumpulan datanya dengan menggunakan metode obserfasi, interview, dukomentasi, sedangkan dalam penentuan informan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sedangkan analis data menggunakan Milesa and Huberman, dengan keabsahan data triangulasi sumber. Hasil penelitian dikatahui bahwa: keberdaan Pondok Pesantren Nurul Huda sebagai pendidikan agama pertama di pulau Gili Raja sangat ber pengaruh keberadaannya di tengah-tengah masyarakat, Alumni Nurul Huda yang sudah bersentuhan langsung dengan masyarakat mempunyai perana ditengah-tengah masyarakat, diantaranya mendirikan pondok pesantren, guru ngaji dan menjadi tokoh di tengah masyarakat, hususnya masyarakat Gili Raja. Kata kunci: Pondok Pesantren, Pendidikan Agama.

    Abstraction

    ABSTRACT Ach Faiki,100521100028, 2014: The Role of Nurul Huda Boarding School In Improving Religious Education Di Gili Raja Island Gili Genting Sumenep This research was based on researcher interest to the existence of Nurul Huda Boarding School in Gili Raja Gili Genting Sumenepducation in this boarding school is the first religious education in Gili Raja Island where there is formal and non-formal education, this boarding school has graduated thousands of students who are influential in the society, especially Gili Raja Villagers, Nurul Huda boarding school also educates its students to be morality anduseful humans to the country. This research focun on How the Role of Nurul Huda Boarding School in Improving Religious Education to the Society. The aim of this research is to know the Role of Nurul Huda Boarding Schoolin Improving Religious Education in Gili Raja Society. The method used in this research is qualitative method with case studies approach, it collected data by observation, interview, and documentation, whereas in choosing informants used purposive sampling technique. In analyzing data used Miles and Hubermn, and the data validity used source triangulation. This result research showed that the existence of Nurul Huda Boarding School as the first religious education in Gili Raja Island is very influence in the society, the alumni of Nurul Huda who have blended with public have a role in the society, such as founding boarding School, teaching in reciting Al-Quran and as pubic figure in Gili Raja Society. Key words : Boarding School, Religious Education.

Detail Jurnal