Detail Karya Ilmiah
-
Kepercayaan Orang Tua Terhadap Anak Dalam Menentukan Pilihan Pendidikan Formal (Studi Fenomenologi di Desa Larangan Badung Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan)Penulis : Mohammad NasibDosen Pembimbing I : Dr.Dra. Sri Hidayati., M.Si.Dosen Pembimbing II :Drs.Subandri., M.S.Abstraksi
Mohammad Nasib NIM 10.05.211.00027, Program Studi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya, Universitas Trunojoyo Madura. Skripsi ini tentang Kepercayaan Orang Tua Terhadap Anak Dalam Menentukan Pilihan Pendidikan Formal Studi Fenomenologi di Desa Larangan Badung Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan. Atas bimbingan Dr. Dra. Sri Hidayati.,M.Si dan Drs.Subandri,M.S. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab orang tua mempercayakan pilihan pendidikan kepada anaknya dan mengetahui penyebab anak menentukan pilihan pendidikannya sendiri dengan menggunakan teori Pilihan Rasional Max Weber. Selain itu dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode Deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengambilan informan menggunakan teknik purposive sampling dengan kategori informan orang tua yang mempercayakan pilihan pendidikan kepada anaknya dan anak yang memilih sendiri pendidikannya. Sedangkan teknik pengambilan data dengan wawancara ,literature, buku kepustakaan dan hasil penelitian sebelumnya yang merupakan data pendukung. Dan teknik analisis data dengan cara induktif. Hasil penelitian ini berdasarkan pemahaman orang tua tentang pentingnya pendidikan. menunjukkan bahwa penyebab orang tua menyerahkan pilihan pendidikan kepada anaknya disebabkan oleh beberapa hal diantaranya, orang tua kurang mengetahui kebutuhan pendidikan anaknya, sehingga orang tua mengikuti kemauan anak terkait pilihan pendidikannya. Orang tua tidak mengetahui pendidikan yang cocok untuk anaknya, yang sesuai dengan keamampuan dan bakat anak. Dan orang tua menganggap anak sudah cukup dewasa dan mampu untuk menentukan pilihan pendidikannya sendiri. Sedangkan yang menjadi penyebab anak menentukan pilihan pendidikannya sendiri dapat disimpulkan bahwa anak-anak memilih sekolah berdasarkan beberapa hal seperti, ajakan teman-teman sekolah sebelumnya yang merupakan teman belajar dan berinteraksi, fasilitas dan kualitas sekolah yang menjadi pilihan, arahan dan dorongan guru di sekolah, lapangan pekerjaan yang tersedia, dan jarak rumah dengan sekolah.
AbstractionThe Mohammad Nasib NIM 10.05.211.00027, Sociology Program, Faculty of Social Sciences and Humanities, University Trunojoyo. This thesis about Parents Against Child Trust In Determining Formal Education Option Phenomenology Studies in the Village Larangan Badung Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan. For the guidance of Dr. Dra. Sri Hidayati.,M.Si and Drs.Subandri,M.S. The purpose of this study was to determine the cause of the parents who entrusted their children to the educational choices and to find the cause of the children who determined their own educational choice using Rational choice theory of Max Weber. In addition, in this study the researcher used descriptive qualitative method with a phenomenological approach. Information retrieval technique was applied by using purposive sampling with informant’s category of parents who entrusted their children to the educational choice and children who chose their own education. The data collection techniques were applied by interviews, literature, library books, and the results of previous studies that support data. Data analysis technique was applied by inductive way. The results of this study based on the understanding of parents about the importance of education showed that the cause of the parents hand over their children to the educational choice was caused by several factors. The parents were not informed about the educational needs of their children so the parents followed their child's education-related options. Parents did not know a suitable education for their children, in accordance with the child's abilities and talents. The last was the parents thought the children were old enough and able to determine their own educational choice while the cause of the children who determine their own educational choice could be concluded that the children chose a school based on several factors such as, invitation before school friends who was a friend of learning and interacting, facilities and quality schools of choice, direction and encouragement of teachers in schools, jobs available, and the distance between home and school.