Detail Karya Ilmiah

  • Eksistensi Pondok Pesantren Dalam Pendidikan Khalafiyah yang berbasis Salafi (studi Kasus Pondok Pesantren Nurul Karomah Desa Paterongan Kecamatan Galis Bangkalan)
    Penulis : Abdul Rohim
    Dosen Pembimbing I : Bangun Sentosa DH. Ph.D
    Dosen Pembimbing II :Iskandar Dzulkarnain, STh.I., M. Si
    Abstraksi

    RINGKASAN Rohim, Abdul, Nim. 10.05.211.00026 Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya, Universitas Trunojoyo Madura. Skripsi ini tentang “Eksistensi Pondok Pesantren Nurul Karomah Dalam Pendidikan Khalafiyah yang Berbasis Salafi di Desa Paterongan Kecamatan Galis Kabupaten Bangkalan” dengan dosen pembimbing Bangun Sentosa Dwi Hariyanto.,Ph.D dan Iskandar Dzulkarnain, STh.I., M.Si. Pondok Pesantren Nurul Karomah merupakan Pondok Pesantren yang terdapat di Desa Paterongan, Pondok Pesantren Nurul Karomah berdiri dalam 1 hari, dan berdirinya Pondok Pesantren di Desa Paterongan karena ayah dari KH. Abdullah Fattah bermimpi setelah melaksanakan Shalat Istiharah membangun Pondok Pesantren Nurul Karomah di Desa Paterongan. Tujuan Utama dari penelitian in iadalah untuk mengetahui Peran Pondok Pesantren Nurul Karomah pada Pendidikan Khalafiyah yang berbasis salafi dan mengobservasi sistem pendidikan Khalafiyah yang berbasis salafi. Penelitian tersebut menggunakan rumusan masalah eksistensi Pondok Pesantren Nurul Karomah dalam Pendidikan Khalafiyah yang berbasis salafi Metode yang digunakan yaitu Deskriptif Kualitatif, Informan dalam penelitian ini adalah Pengasuh, pengurus, tokoh masyarakat disekitar Pondok Pesantren Nurul Karomah, Metode dalam pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi Hasil dalam penelitian ini Pondok Pesantren Nurul Karomah menerapkan pola pendidikan terpadu antara kurikulum depag dengan kurikulum mandiri Pondok Pesantren Nurul Karomah, hal terpenting adalah tetap mempertahankan aspek salafi dalam pendidikannya dengan mempertahankan hal lama yang baik, dan mengambil hal baru yang baik pula. Kata Kunci: Peran, Sistem, Pesantren, Pendidikan, Khalafiyah, Salafi

    Abstraction

    ABSTRACT Abdul Rohim, Nim. 10.05.211.00026 Sociology Department , Faculty of Social and Cultural Sciences, University Trunojoyo Madura. This thesis on "The Eksistention of Nurul Karomah Boarding Schools Education In Khalafiyah the Salafist Based at village of the District Paterongan Galis Bangkalan" under the guidance of Bangun Dwi Sentosa Hariyanto., Ph.D and Iskandar Dzulkarnain, S.Th.I., M.Si. Nurul Karomah a boarding school, the located in the village of Paterongan, Pondok Pesantren Nurul Karomah stand in one day, and the establishment of boarding school in the village of Paterongan as the father of has dreamed of having carried out prayer Istiharah build Nurul Karomah boarding school in the village of Paterongan. Main purpose of this study was to determine the Eksistention of Nurul Karomah boarding school in the Salafi-based Khalafiyah education. Formulation of the problem in this study is the eksistention of Nurul Karomah boarding school in Education Khalafiyah based salafi and How Nurul Karomah boarding school education system based Nurul Karomah Khalafiyah salafi. The method used is descriptive qualitative, informants in this study is a boarding school Caregivers Nurul Karomah namely data collection methods are interviews, observation and documentation The results in this study Nurul Karomah boarding school to implement a unified educational curriculum with the depag curriculum Nurul Karomah independent boarding school, the most important thing is maintaining the aspect salafi in education by maintaining a good old thing, and take a good new thing anyway. Keywords : role, system, education, boarding school, khalafiyah and salafi

Detail Jurnal