Detail Karya Ilmiah
-
KELANGSUNGAN BELAJAR ANAK YANG WAJIB SEKOLAH SEMBILAN TAHUN DI MASYARAKAT KELURAHAN LAWANGAN DAYA DAN DI DESA PAGAGAN KECAMATAN PADEMAWU KABUPATEN PAMEKASANPenulis : ISLAMIATUL JANNAHDosen Pembimbing I : Drs. Subandri, MSDosen Pembimbing II :Merlia Indah Prastiwi, M.SsoioAbstraksi
Islamiatul Jannah . NIM 10.05.211.00023 . Sosiologi , Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya , Universitas Trunojoyo . di bawah bimbingan Drs . Subandri , MS dan Merlia Indah Pratiwi , M.Sosio . Tesis ini adalah tentang kelangsungan hidup Anak Belajar Sembilan Tahun Wajib Sekolah di Lawangan Masyarakat Desa Desa Power dan Kabupaten Pagagan Pademawu Pamekasan . Penelitian ini dilakukan untuk menentukan kelangsungan belajar usia sekolah wajib anak-anak sembilan ( 9 ) tahun di Desa Lawangan tinggi daya dibandingkan dengan desa Centella asiatica . Penelitian ini menggunakan teori fungsionalisme struktural dengan penelitian deskriptif dan pendekatan nonparametrik kualitatif dan kuantitatif untuk menyeimbangkan pengaturan sistem dan teknik yang digunakan teknik probability sampling melalui proporsional stratified sampling . Pengolahan data yang digunakan menggunakan uji T (uji beda) dengan perhitungan menggunakan statistik inferensial untuk menguji uji rumus t . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kelangsungan pembelajaran sekolah wajib anak-anak 9 ( sembilan ) tahun di komunitas Desa Lawangan daya yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan Kecamatan Pademawu Pamekasan Rural Pagagan . Hal ini karena ada beberapa faktor yang menyebabkan menurunkan kelangsungan hidup dalam belajar wajib Belajar Pagagan sarana dan prasarana seperti sekolah / lembaga yang tidak memadai , kesadaran orang tua akan pentingnya pendidikan serta faktor ekonomi desa anak-anak . Kata kunci : kelangsungan belajar sekolah wajib anak-anak 9 (sembilan) tahun .
AbstractionIslamiatul Jannah . NIM 10.05.211.00023 . Sociology Program , Faculty of Social Sciences and Cultural Studies , University Trunojoyo . under the guidance of Drs . Subandri , MS and Merlia Indah Pratiwi , M.Sosio . This thesis is about Survival Kids Learning The Nine-Year Compulsory School in Lawangan Village Society Village Power and the District Pagagan Pademawu Pamekasan .This study was conducted to determine the continuity of children's learning compulsory school age nine (9 ) years in the Village Lawangan higher power in comparison with the village of Centella asiatica . This study uses the theory of structural functionalism with descriptive research and qualitative and quantitative nonparametric approach to balance the system settings and techniques used probability sampling technique through proportionate stratified sampling . Processing of the data used using T test (different test) with calculations using inferential statistics to test the formula t test .The results of this study indicate that the continuity of children's learning compulsory school 9 (nine) years in the Village community Lawangan higher power when compared with the District Rural Pagagan Pademawu Pamekasan . This is because there are several factors that lead to lower survival in children's learning compulsory Learning Pagagan village facilities and infrastructure such as schools / institutions inadequate , parental awareness of the importance of education as well as economic factors . Keywords : continuity of children's learning compulsory school 9 (nine) years .