Detail Karya Ilmiah
-
AN ANALYSIS OF GRAMMATICAL ERRORS OF TEXTS PRODUCED BY DEAF AND DUMB STUDENTS IN SMPLB PAMEKASANPenulis : MERI LAILATUL QODRIDosen Pembimbing I : IQBAL NURUL AZHAR,S.S., M.HumDosen Pembimbing II :-Abstraksi
Penelitian ini memfokuskan pada kesalahan tata bahasa teks yang dihasilkan oleh siswa tuli dan bisu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jenis kesalahan yang sering dibuat oleh siswa tuli dan bisu ketika mengirim teks. Selain itu, menganalisis faktor-faktor yang berkontribusi terhadap adanya kesalahan tata bahasa ketika mereka mengirim teks. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian kualitatif karena data yang berupa teks. Data dari penelitian ini adalah teks yang dikirim oleh siswa tuli dan bisu dari SMPLB Pamekasan, yang berisi kesalahan tata bahasa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode observasi dan menganalisis data, penulis menggunakan model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa tuli dan bisu membuat empat jenis kesalahan tata bahasa. Mereka adalah Penambahan (2 data), kelalaian (15 data), spenggunaan(8 data), dan pemesanan (8 data). Kelalaian adalah jenis yang paling sering kesalahan yang dibuat oleh siswa tuli dan bisu. Selain itu, ada dua faktor yang menyebabkan kesalahan tata bahasa dalam teks mereka dikirim. Mereka adalah intralingual (18 data) dan faktor interlingual (15 data).
AbstractionThis study focuses on grammatical error of texts produced by deaf and dumb students. This study aims to analyze the types of errors which are frequently made by deaf and dumb students when sent texts. Besides, it analyzes the factors that contribute to the existence of grammatical errors when they sent texts. This study was conducted by using qualitative research because the data were in the form of texts. The data of this study were texts sent by deaf and dumb students from SMPLB Pamekasan, which contained grammatical errors. The method of collecting data in this study was observation method and to analyze the data, the writer used interactive model. The results of the study showed that the deaf and dumb students made four types of grammatical errors. Those were addition (2 data), omission (15 data), substitution (8 data), and ordering (8 data). Omission was the most frequent types of errors made by deaf and dumb students. Besides, there were two factors that caused grammatical errors in their text sent. Those were intralingual (18 data) and interlingual factors (15 data).