Detail Karya Ilmiah
-
Media Pembelajaran Huruf Jepang Menggunakan FlashPenulis : Nawang Wulan NugrahaniDosen Pembimbing I : M. Ali Syakur, S.Si, M.TDosen Pembimbing II :Abstraksi
Belajar bahasa Jepang tidak lepas dari pembelajaran huruf Kana yang merupakan silabik huruf Jepang terdiri dari huruf Hiragana dan huruf Katakana bentuk penyederhanaan huruf Kanji. Sebelum mempelajari bahasa Jepang, terlebih dahulu mempelajari huruf-huruf Jepang. Pembelajaran huruf Hiragana dan huruf Katakana merupakan pengantar dalam belajar mengajar bahasa Jepang. Seiring berkembangnya teknologi, turunnya minat baca buku pelajaran bahasa asing cukup signifikan. Oleh karena itu dibangunlah aplikasi pembelajaran pengantar bahasa Jepang berupa multimedia interaktif. Tujuan dan manfaat dari pembuatan media pembelajaran ini dapat digunakan khalayak umum pemula yang ingin memulai belajar Bahasa Jepang. Aplikasi ini dapat dijalankan tanpa proses instalasi serta dilengkapi dengan fasilitas video animasi sejarah huruf Jepang, pengenalan huruf Hiragana dan huruf Katakana, audio pengucapan huruf Hiragana dan Katakana beserta contoh kata, animasi cara penulisan, game interaksi, dan evaluasi soal latihan. Media pembelajaran ini dibuat menggunakan Adobe Flash CS6. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode studi literatur. Setelah data terkumpul dilakukan analisis kebutuhan sistem, pengembangan aplikasi yang meliputi analisa kebutuhan, desain, serta implementasi. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi media pembelajaran huruf Jepang dapat membantu dalam proses pembelajaran sebagai pengantar bahasa Jepang. Kata kunci : Huruf Jepang, Hiragana, Katakana, Media Pembelajaran, Adobe Flash CS6.
AbstractionLearning Japanese can not be separated from learning letters Kana syllabic Japanese characters which are composed of Hiragana and katakana kanji, simplified form. Before learning the Japanese language, first learn the letters Japan. Learning Hiragana and katakana are introductory in learning Japanese. As technology advances, the decline in interest in reading a foreign language textbooks is quite significant. Therefore constructing introductory Japanese language learning applications such as interactive multimedia. The purpose and benefits of the media making this learning can be used general audience beginners who want to start learning Japanese. This application can be run without installation and is equipped with video facilities animated history of Japanese characters, the introduction of Hiragana and katakana, audio pronunciation of Hiragana and Katakana along with examples of words, animated way of writing, game interaction, and evaluation exercises. This learning media created using Adobe Flash CS6. Methods of data collection is done by the method of literature study. After the data collected to analyze the needs of the system, development of applications that include requirements analysis, design, and implementation. The results of this research is the application of media learning Japanese characters can assist in the learning process as an introduction to Japanese. Keywords: Japanese letters, Hiragana, Katakana, Learning Media, Adobe Flash CS6.