Detail Karya Ilmiah

  • Aplikasi Multimedia Interaktif Pembelajaran Budaya Indonesia
    Penulis : ANANDA FANU PRIHATINI
    Dosen Pembimbing I : Meidya Koeshardianto, S.Si., M.T
    Dosen Pembimbing II :
    Abstraksi

    Komputer multimedia mempunyai peranan yang sangat penting dalam bidang pendidikan, ini terbukti dengan adanya produksi aplikasi multimedia dalam bentuk CD pembelajaran yang telah banyak beredar di pasaran saat ini. CD pembelajaran sendiri ada banyak macam, baik yang bersifat interaktif dan non-interaktif. Untuk CD pembelajaran yang dibuat untuk anak SD, pengguna akan cenderung lebih menggemari aplikasi yang bersifat interaktif karena bagi pengguna dengan aplikasi tersebut akan lebih menarik dan efektif untuk dipelajari. Hal inilah yang mendorong untuk diproduksinya aplikasi multimedia pembelajaran yang bersifat interaktif. Dalam laporan ini akan membahas pembuatan aplikasi multimedia interaktif yang ditujukan untuk membantu penyampaian informasi tentang ragam budaya yang ada di Indonesia. Aplikasi ini mencakup tentang segala macam budaya di Indonesia yang meliputi nama provinsi, rumah adat, tari-tarian, baju adat,lagu daerah,alat musik, dan info tentang provinsi yang diiringi lagu daerah dalam format MP3. Tujuan dalam pembuatan aplikasi ini adalah agar masyarakat terutama masyarakat Indonesia mengenal budaya Indonesia lebih dalam lagi dengan adanya aplikasi ini, dan membuat budaya Indonesia dikenal oleh seluruh masyarakat Indonesia. Kata Kunci : Budaya Indonesia, Multimedia, Media Pembelajaran

    Abstraction

    Multimedia computers have a very important role in the education field, is evidenced by the production of multimedia applications in the form of CD learning has been widely circulated in the market today. CD itself there are many kinds of learning, both interactive and non-interactive. For learning CDs are made for elementary school children, users will tend to be more fond of interactive applications because the application for the user to be more interesting and effective to learn. It pushes for the production of multimedia applications that are interactive learning. In this report will discuss the creation of an interactive multimedia application aimed at helping to deliver information about the various cultures that exist in Indonesia. The application includes about all sorts of cultures in Indonesia, which includes the name of the province, custom house, dance, traditional dress, folk songs, musical instruments, and info about the province, accompanied by folk songs in MP3 format. The purpose in making this application was that Indonesian society have to know Indonesian culture more deeply with this application, and make Indonesian culture is known by all the people of Indonesia. Keywords: Indonesian Culture, Multimedia, Media Learning

Detail Jurnal