Detail Karya Ilmiah

  • MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATEMATIKA BILANGAN BULAT UNTUK SD
    Penulis : Dhadang Kama Baskara
    Dosen Pembimbing I : FIRLI IRHAMNI S.T.,M.Kom
    Dosen Pembimbing II :
    Abstraksi

    ABSTRAK Saat ini dalam hal penyampaian pembelajaran yang diterapkan disekolah-sekolah kurang efektif, yang dapat berdampak kurangnya pemahaman pada siswa siswi terutama pada mata pelajaran matematika sekolah dasar (SD). Mata pelajaran matematika diberikan kepada semua siswa-siswi Sekolah Dasar untuk membekali siswa-siswi dengan kemampuan berfikir logis, analisis, sistematis, dan kreatif, serta mampu bekerja sama. Pada kesempatan ini penulis berinisiatif membuat suatu aplikasi multimedia, dimana aplikasi ini sangat mudah dipahami oleh pengguna karena didalamnya terdapat pembelajaran matematika dan latihan soal-soal yang berupa pilihan ganda. Disamping itu aplikasi ini disertai dengan suara dan gambar animasi. Penulis bertujuan untuk memberikan alternatif metode pembelajaran dalam proses belajar-mengajar pada mata pelajaran matematika untuk siswa-siswi sekolah dasar(SD). Dan pada aplikasi ini terdapat soal-soal yang akan diacak serta tersimpan pada database yang dapat memudahkan guru untuk mengupdate soal. Aplikasi ini terdiri dari materi mengenal bilangan, garis bilangan, operasi hitung bilangan yaitu (penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian),faktor persekutuan terbesar (FPB) dan kelipatan persekutuan terkecil (KPK). Dengan hasil uji dari kuissioner 24,7% dengan responden berjumlah 60 siswa. . Kata Kunci: Media Pembelajaran interaktif, matematika, bilangan bulat.

    Abstraction

    ABSTRACT At the moment, in the transfer of learning applied in schools is less effective, which may have an impact lack of understanding for students, especially mathematics subject in elementary school (SD). Mathematics courses given to all elementary school students to equip students with the ability to think logically, analyzely, systematicly, and creatively, and able to work together. In this moment, the author took the initiative to create a multimedia application, where the application is very easy to be understood by users because it consist of the learning of mathematics and practice questions in the form of multiple choice . Besides, the application is accompanied by a sound and animated images. The author aims to provide an alternative learning method in the teaching-learning process on mathematics subject for elementary school students (SD). Moreover, this application consists of the questions that will be encrypted and stored in a database that can allow teachers to update the questions. This application consists of knowing number material, line number, number arithmetic operations that (addition, substraction, multiplication and division), the greatest alliance factor (GCF) and least alliance multiple (KPK). With the test results of questionaire 24.7% by respondent amounted to 60 students. Keywords: Interactive Learning Media, Mathematics, Integer.

Detail Jurnal