Detail Karya Ilmiah
-
INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT PADA PELAYANAN PUBLIK DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KABUPATEN BANGKALANPenulis : RAM AINUL GHURRYDosen Pembimbing I : Dr. Rahmad Hidayat S.T., S.H., M.TDosen Pembimbing II :Mu'alim S.T., M.T.Abstraksi
Pelayanan publik oleh aparatur pemerintah dewasa ini masih banyak dijumpai kelemahan sehingga belum dapat memenuhi kualitas yang diharapkan masyarakat. Hal ini ditandai dengan masih adanya berbagai keluhan masyarakat yang disampaikan melalui media massa, sehingga dapat menimbulkan citra yang kurang baik terhadap aparatur pemerintah. Mengingat fungsi utama pemerintah adalah melayani masyarakat maka pemerintah perlu terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan. Dari hasil penelitian dan pembahasan tentang Indeks Kepuasan Masyarakat terhadap Pelayanan Publik pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bangkalan, dapat menyimpulkan bahwa pelayanan publik yang telah diberikan oleh aparatur pemerintah telah berjalan dengan baik dimana didapatkan hasil Indeks Kepuasan Masyarakat dilihat dari 14 indikator dengan mutu pelayanan B dan nilai unit pelayanan Indeks Kepuasan Masyarakat 63.87 oleh karena itu kinerja pelayanan dapat dikategorikan baik.
AbstractionPublic services by government officials today are still found many weaknesses that can not meet the expected quality of the community. It is characterized by the presence of various public complaints submitted through the mass media, which can result in unfavorable image of the government apparatus. Given the primary function of government is to serve the public, the government needs to continue to improve the quality of service. From the results of research and discussion on Public Satisfaction Index for the Public Service in the Department of Population and Civil Registration Bangkalan, it can be concluded that the public service has been granted by the government apparatus has been running well which showed visible Community Satisfaction Index of 14 indicators of the quality of service B and the value of service units Public Satisfaction Index 63.87 therefore the performance of services can be categorized as good.