Detail Karya Ilmiah

  • KAJIAN PREFERENSI MAHASISWA TERHADAP DOSEN TEKNIK INDUSTRI UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS KONJOIN
    Penulis : Arief Yulianto
    Dosen Pembimbing I : Dr. Rachmat Hidayat ST,. MT
    Dosen Pembimbing II :Sabarudin Akhmad ST,. MT
    Abstraksi

    Penelitian ini membahas tentang preferensi mahasiswa terhadap kualitas dosen Teknik Industri Universitas Trunojoyo Madura. Metode yang digunakan dalam menentukan preferensi adalah analisis konjoin. Adapun langkah-langkah dalam analisis konjoin adalah merumuskan masalah, perancangan stimuli, metode pengumpulan data, pemilihan posedur konjoin, dan interpretasi hasil. Terdapat delapan kartu stimuli berdasarkan karakteristik dosen yang terbentuk. Penelitian ini diharapkan mampu memberikan kontribusi pada pengembangan dan perbaikan kualitas dosen yang berkaitan dengan kepuasan mahasiswa serta dapat digunakan sebagai wacana tentang kepuasan mahasiswa terhadap kualitas dosen. Hasil yang didapat pada penelitian ini berdasarkan tingkat kepentingan bahwa hal yang paling penting dalam memilih dosen yang berkualitas menurut preferensi mahasiswa adalah berdasarkan kedisiplinan (27.27%), menguasai materi (18.18%), pembawaan diri (18.18%) serta berturut turut nilai kepentingan sebesar (9.09%) adalah penyampaian materi, suka memotivasi mahasiswa, metode mengajar dan penilaian.

    Abstraction

    This study discusses the preferences of students to quality of lecturers of Industrial Engineering of university of Trunojoyo Madura. The method used in determining preference is conjoint analysis. The steps in the conjoint analysis are formulation of the problem, stimuli planning, method of data collection, selection of conjoint procedures, and interpretation of results. There are eight stimuli cards based on the formed characteristics of lecturer. This research is expected to contribute to the development and improvement of the quality of lecturers related to student satisfaction and can be used as a discourse about student satisfaction on the quality of lecturers. The results obtained in this study is based on the level of interest that the most important thing in choosing a qualified lecturers is based on discipline (27,27%), over matter (18,18%), self carriage (18,18%) as well as the interests of consecutive values (9,09%) are the delivery of content, to like motivating students, teaching methods and assessment.

Detail Jurnal