Detail Karya Ilmiah
-
STRATEGI ADOPSI TEKNOLOGI PADA INDUSTRI KREATIF SUBSEKTOR BATIK DI KABUPATEN BANGKALANPenulis : BERRY IRSYAD AL-AMIRDosen Pembimbing I : RETNO INDRIARTININGTIAS, ST., MT.Dosen Pembimbing II :IKA DEEFI ANNA, ST., MT.Abstraksi
Persaingan UKM Batik saat ini berjalan dengan ketat sehingga UKM harus dapat meningkatkan skala bisnisnya. Salah satu cara untuk meningkatkan skala bisnis adalah dengan cara adopsi Teknologi. Variabel yang digunakan pada penelitian ini adalah orientasi pasar, struktur permodalan, kompetensi SDM, inovasi, lingkungan, dan tingkat adopsi teknologi. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah menentukan variabel yang mempengaruhi TAT (tingkat adopsi teknologi) dan merumuskan strategi UKM dalam mengadopsi teknologi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode PLS (Partial Least Square) dan Analisa SWOT. Dari hasil penelitian terhadap TAT (Tingkat Adopsi Teknologi), variabel yang signifikan mempengaruhi TAT pada UKM batik adalah variabel inovasi, struktur permodalan, kompetensi SDM, lingkungan dengan nilai inner weight masing-masing sebesar 5,773; 4,819; 3,383; 1,956 dengan nilai R2 sebesar 0,814. Strategi pada UKM agar dapat meningkatkan TAT adalah dengan cara memanfaatkan fasilitas internet dan melakukan kerjasama dengan pihak pemerintah.
AbstractionSMEs Batik competition currently running tight that SMEs should be able to increase the scale of its business. One way to increase the scale of the business is by way of technology adoption. The variables used in this study are market orientation, capital structure, competency of human resources, innovation, the environment, and the level of technology adoption. The objectives of this research are as follows: determine the variables that affect the TAT (level of technology adoption) and know the strategies of SMEs in adopting the technology. The method used in this research is to use the method of PLS (Partial Least Square) and SWOT analysis. From the results of research on the TAT (Technology Adoption Rate), the variables that significantly affect the TAT on batik SMEs innovation is variable, capital structure, competency of human resources, the environment with the inner weight values respectively 5.773; 4.819; 3,383; 1,956 with a R2 value of 0.814. Strategy on SMEs in order to improve the TAT is to use the internet facilities and to cooperate with the government.