Detail Karya Ilmiah

  • ANALISIS PENGARUH KEPEMIMPINAN, ORIENTASI TEKNOLOGI, SERTA ORIENTASI PASAR PADA INOVASI PRODUK DAN PERUMUSAN STRATEGI PENINGKATAN DAYA SAING UKM BATIK BANGKALAN
    Penulis : HIKMIYATUL ULYA
    Dosen Pembimbing I : Fitri Agustina, S.T., MT
    Dosen Pembimbing II :Ari Basuki, S.T., MT
    Abstraksi

    Pada era persaingan bebas saat ini inovasi produk diharapkan dapat memberikan kontribusi yang baik bagi peningkatan daya saing UKM Batik. Penelitian ini bertujuan mengukur pengaruh dari inovasi produk terhadap daya saing pada UKM Batik Bangkalan yang dibantu dengan software smartPLS serta perumusan strategi untuk meningkatkan daya saing menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa inovasi produk berpengaruh positif secara signifikan terhadap daya saing, kemudian kepemimpinan tidak berpengaruh terhadap inovasi produk, sedangkan variabel orientasi pasar dan orientasi teknologi berpengaruh positif dan signifikan terhadap inovasi produk. Untuk hasil perumusan strategi, didapatkan 9 strategi yang ditawarkan kepada UKM Batik Tulis Bangkalan agar mampu bersaing di tengah persaingan industri yang semakin ketat, salah satunya adalah dengan mengikuti berbagai even pameran kerajinan produk kreatif, dan melakukan penjualan melalui online seperti facebook, website agar dapat memperluas pangsa pasar.

    Abstraction

    In global competition era, the expectation of product innovation could provide good contributions for increasing competitiveness of SMEs Batik. This study was tended for measuring the influence of product innovation on the competitiveness of the SMEs Batik Bangkalan. The finding of this study revealed that product innovation that used smrtPLS software and formulation of strategy to improve the competitiveness by using SWOT analysis. These results indicated that the product innovation influenced the competitiveness significantly positive. The leadership did not influence the product innovation, while the variables of market orientation and technology influenced the product innovation significantly positive. The strategy formulation, gave 9 strategies which can be use by the SMEs Batik in Bangkalan in order to compete in the increasingly fierce industry competition, one of which is through participating in various events of creative craft product exhibitions, and make sales through online marketing such as facebook, a website in order to expand the market share.

Detail Jurnal