Detail Karya Ilmiah
-
APLIKASI MODEL TAM (Tecnology Acceptance Model) TERHADAP PENGGUNA LAYANAN INTERNET BANKING DI BANK BTNPenulis : BUNGA PUSPASARIDosen Pembimbing I : RACHMAT HIDAYATDosen Pembimbing II :SABARUDDIN AHMADAbstraksi
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membangun kualitas pelayanan bank BTN yang lebih baik dari internet banking.Metode yang digunakan adalah TAM ( Technology Acceptance Model ) yaitu analisis adaptasi dari Theory of Reasoned Action Model (TRA) yang secara khusus telah disesuaikan dengan model penerimaan system informasi oleh pengguna/user yang menjelaskan hubungan antara keyakinan/beliefs (usefulness dan ease of use) dengan sikap/attitude, tujuanlintentions pemakai, serta penggunaan nyata dari sistem. Data primer diperoleh dari survei dan observasi dengan jumlah responden 100 orang. Penelitian ini adalah data yang diperoleh dari hasil penelitian lapangan melalui wawancara dan penyebaran kuisioner untuk para costumer pengguna layanan internet banking. Hasil yang diperoleh dari analisis TAM yaitu bahwa variabel manfaat pengguna yang signifikan terhadap dampak pengguna. Dari hasil tersebut pengaruh manfaat pengguna terhadap dampak pengguna menunjukkan adanya sebesar 0,528 atau 27,88% dapat memberikan dampak pengguna secara langsung Karena memiliki pengaruh yang signifikan. dapat diketahui bahwa manfaat pengguna berbanding lurus terhadap dampak pengguna hal ini menunjukkan bahwa manfaat pengguna dapat memberikan pengaruh secara langsung pada dampak pengguna dan tidak berbanding terbalik. Pada hasil struktur 1 bahwa variabel X1(kemudahan pengguna) dan manfaat pengguna (X2) berpengaruh secara simultan terhadap dampak pengguna (Y1). Pada pengujian struktur 2 untuk pengujian simultan dapat diketahui bahwa variabel X1(kemudahan pengguna) dan manfaat pengguna (X2) serta dampak pengguna (Y1) berpengaruh secara simultan terhadap kondisi nyata pengguna (Y2). Kata Kunci: Internet banking, TAM, Regresi
AbstractionThepurpose of this study is to establish the service quality BTN better than internet banking.Metode used is TAM (Technology Acceptance Model) which analyzes the adaptation of Model Theory of Reasoned Action (TRA) that has been specifically tailored to the information system acceptance model by user / user that describes the relationship between faith / beliefs (usefulness and ease of use) with the attitude / attitude, tujuanlintentions users, as well as the actual use of the system .. The primary data obtained from the survey and observation by the number of respondents 100 persons. This study is the data obtained from the results of field research through interviews and questionnaires to the customer internet banking service users. The results obtained from the analysis is that the variable TAM significant user benefits to the user impact. From these results influence user benefits to the users indicate their impact by 0.528 or 27.88% can give users direct impact Because it has a significant effect. it can be seen that the user benefits proportional to the impact of this manual shows that the benefits users can provide direct influence on user impact and not inversely. On the results of structure 1 that the variable X1 (ease user) and user benefits (X2) effect simultaneously on user impact (Y1). In the second test structure for simultaneous testing showed that the variables X1 (ease user) and user benefits (X2) and the impact of users (Y1) effect simultaneous to the real conditions of the user (Y2). Keywords: Internet banking, TAM, Regression