Detail Karya Ilmiah

  • STRATEGI PEMASARAN PRODUK KOPIAH DIDASARKAN PADA PERSEPSI KONSUMEN
    Penulis : ATIQOH
    Dosen Pembimbing I : IKA DEEFI ANNA
    Dosen Pembimbing II :AGUS SALIM
    Abstraksi

    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui preferensi konsumen terhadap kopiah. Metode yang digunakan dalam menentukan preferensi adalah analisis konjoin. Data primer diperoleh dari kuesioner dengan jumlah responden 100 orang. Adapun langkah-langkah dalam analisis konjoin adalah merumuskan masalah, perancangan stimuli, metode pengumpulan data, pemilihan posedur konjoin, dan interpretasi hasil. Terdapat enam belas kartu stimuli yang terbentuk dari tujuh kombinasi atribut yaitu motif, warna, ukuran, bentuk, bahan, harga dan kemasan. Penelitian ini diharapkan mampu memberikan kontribusi pada pengembangan dan perbaikan produksi kopiah dengan kepuasan konsumen serta dapat digunakan sebagai bahan acuan tentang kepuasan konsumen terhadap produk kopiah. Hasil yang didapat pada penelitian ini berdasarkan tingkat kepentingan bahwa hal yang paling penting dalam memilih kopiah menurut preferensi konsumen adalah berdasarkan bentuk (21%), warna (17%), harga (17%), kemasan (16%), motif (15%), bahan (7%) dan ukuran(4%). Kata Kunci: preferensi, Analisis konjoin, kartu stimuli

    Abstraction

    The purpose of this study was to determine consumer preferences towards skullcap. The method used in determining the preference is conjoint analysis. Primary data obtained from questionnaires with respondents 100 people. The steps in conjoint analysis is to formulate the problem, the design of stimuli, the method of data collection, the selection of Procedure Conjoint, and the interpretation of results. There are sixteen cards stimuli that is formed from seven combinations of attributes that pattern, color, size, shape, material, price and packaging. This research is expected to contribute to the development and improvement of production cap with customer satisfaction and may be used as reference material on customer satisfaction with the product skullcap. The results obtained in this study is based on the level of interest that the most important thing in choosing a cap according to consumer preference is based on the form (21%), color (17%), price (17%), packaging (16%), motive (15% ), materials (7%) and size (4%). Keyword: preferences, Conjoint Analysis, stimuli card

Detail Jurnal