Detail Karya Ilmiah

  • PEMETAAN BATIK TULIS ATHAYA BANGKALAN TERHADAP PESAING PESAINGNYA MENGGUNAKAN PENDEKATAN GREEN MARKETING MIX
    Penulis : TAUHID FIRMAN ILAHI
    Dosen Pembimbing I : DR. RACHMAD HIDAYAT S.T., M.T
    Dosen Pembimbing II :SABARUDIN AKHMAD S.T., M.T
    Abstraksi

    Pasar industrin batik tulis di bangkalan meningkat dari tahun ke tahun, di ikuti dengan selesainya jembatan suramadu semakin memudahkan akses menuju pulau madura sehingga banyak konsumen batik tulis berdatangan setiap harinya. Bertambahnya outlet-outlet batik tulis di wilayah bangkalan mengharuskan pemilik outlet batik tulis athaya untuk membuat strategi pemasaran agar dapat bersaing dengan kompotitornya. Analisis biplot adalah salah satu upaya menggambarkan data -data yang ada pada tabel ringkasan dalam grafik berdimensi dua. Analisis biplot bersifat deskriptif dengan dimensi dua yang dapat menyajikan secara visual segugus objek dan variabel dalam satu grafik. Grafik yang di hasilkan dari Biplot ini merupakan grafik yang berbentuk bidang datar. Dengan penyajian seperti ini,ciri –ciri variabel dan objek pengamatan serta posisi relatif antara objek pengamatan dengan variabel dapat dianalisis. Setelah metode tersebut dilakukan dapat diketahui karakteristik konsumen batik tulis madura serta peta persaingan batik tulis athaya dengan para kompotitornya. Hasil dari metode tersebut batik tulis athaya perlu menyesuaikan harga agar dapat bersaing karena Al Fath Kkg II Pusat Kerajinan Batik Madura dan Aulia Batik Madura merupakan pesaing terdekat dari segi price (harga). selain itu juga perlu kiranya Batik tulis Athaya memperbaiki dari segi product (produk) dan promotion (promosi) agar dapat bersaing dengan Maduratna Batik Madura karena Batik Tulis Athaya lemah dalam segi product (produk) dan promotion (promosi). Dan yang tidak kalah pentingnya Batik tulis Athaya perlu memperbaiki dari segi palce (tempat/saluran distribusi) karena aspek ini juga penting.

    Abstraction

    The industry of Batik Tulis in Bangkalan has developed year by year. It is followed by the finishing of Suramadu Bidge as the faster access to Madura Island which brings many costumers everyday. By the increasing of batik outlets in Bangkalan, the owner of Athaya has to create an innovative marketing strategy to compete with other competitors. Biplot analysis is one of the best effort to describe the data in table resume in two-dimensional curve. The character of biplot analysis is descriptive with two dimension which can present object cluster and variable visually in a graph. The graph from the biplot is flat curve. By this presentation, character of variable and object observation as well as relative position between object observation and variable can be analysed. After doing that method, the characteristic of cusomers of batik tulis Athaya and the competitive map can be known. The result of that method is Batik Tulis Athaya needs to bring the price into the line to compete with its closer competitor, Al Fath KKG II Pusat Kerajinan Batik Madura and Aulia Batik Madura. Besides, Batik Tulis Athaya needs to reform its product and promotion strategy to compete with Batik Madura Maduratna. Because Batik Tulis Athaya is less in product and promotion strategy. And the important one is to reform the palce.

Detail Jurnal