Detail Karya Ilmiah

  • GREEN MARKETING: PENGARUH MARKETING MIX, SATISFACTION TERHADAP ATTITUDE DENGAN GREEN PRODUCT PURCHASE INTENTION
    Penulis : masruri
    Dosen Pembimbing I : Dr. Rachmad Hidayat, S.T.,MT.
    Dosen Pembimbing II :SABARUDIN AKHMAD S.T.,MT.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Marketing mix, Satisfaction, serta Attitude terhadap Purchase intention pada ukm Athaya Batik Tulis Madura. Populasinya adalah pelanggan yang sedang berkunjung ke Athaya atau yang pernah memakai produk dari Athaya. Sedangkan sampelnya adalah siapa saja yang secara kebetulan atau insidental bertemu dengan peneliti, banyak sample yang diteliti adalah sebanyak 110 responden, dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dipilih teknik convenience sample (teknik kemudahan). Analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Path Analysis, dimana sebelumnya dilakukan uji validitas, reliabilitas. Berdasarkan hasil perhitungan model hubungan sub struktur pertama menunjukkan bahwa variabel Marketing mix dan Satisfaction terhadap Attitude adalah signifikan. Adjusted R square 0.182 atau 18,2% dari Attitude adalah dijelaskan oleh variabel independen serta variabel intervening dalam persamaan regresi. Besarnya pengaruh dari variabel lain yang mempengaruhi Attitude 71.8%, yang tidak dimasukkan dalam variable dalam penelitian ini. Sedangkan pada pada hasil perhitungan dari sub struktur 2 yaitu variable Marketing mix, Satisfaction, dan Attitude terhadap Purchase intention menunjukkan hanya koefisien jalur Satisfaction terhadap Purchase intention, Satisfaction terhadap Attitude dan Attitude terhadap Purchase intention yang signifikan sedangkan koefisien Marketing mix terhadap Purchase intention tidak signifikan. Artinya penerapan Green marketing di Athaya tidak mempengaruhi niat beli para konsumen, karena mereka hanya mementingkan pada sikap dan kepuasan dari produk, tempat maupun layanan yang diberikan oleh Athaya.

    Abstraction

    This study aimed to analyze the influence of marketing mix, Satisfaction, and Intention to Purchase Attitude towards ukm Athaya Batik Madura. The population is a customer who is visiting Athaya or ever wear products from Athaya. While the sample is anyone who by chance or incidental to meet with researchers, many samples studied were a total of 110 respondents, the sampling technique used is selected convenience sample technique (technique ease). The analysis used in this study is the method of path analysis, which previously tested the validity, reliability. Based on the calculation model of the relationship first sub-structure showed that the variables of the marketing mix and Satisfaction Attitude is significant. Adjusted R square 0182 or 18.2% of the Attitude is explained by the independent variables as well as intervening variables in the regression equation. The magnitude of the effect of other variables that affect Attitude 71.8%, which is not included in the variable in this study. While on the results of the calculation of the sub-structure 2 is variable marketing mix, Satisfaction, and Attitude on Purchase Intention show only path coefficients to Purchase intention Satisfaction, Satisfaction of the Attitude and Purchase Intention Attitude towards significant while the coefficient of Marketing mix to Purchase intention was not significant. This means that the application of Green Marketing in Athaya not affect consumers' purchasing intentions, because they are only concerned with the attitudes and satisfaction of products, places and services provided by Athaya.

Detail Jurnal