Detail Karya Ilmiah

  • ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP MULTIATRIBUT PRODUK SMARTPHONE DENGAN PENDEKATAN ANALISIS FISHBEIN (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura dan Universitas Airlangga Surabaya)
    Penulis : Yunita Ratna Wati
    Dosen Pembimbing I : Ari Basuki, S.T., M.T.
    Dosen Pembimbing II :Ernaning Widiaswanti, S.Si., M.T.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui atribut yang menjadi preferensi dan atribut yang paling dipertimbangkan oleh mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura dan Universitas Airlangga Surabaya serta mengetahui karakteristik dari mahasiswa yang pernah membelinya. Penelitian dilakukan di Universitas Trunojoyo Madura dan Universitas Airlangga Surabaya. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purpossive sampling dengan pertimbangan bahwa tidak semua mahasiswa pernah membeli smartphone Samsung dan Smartfren. Sedangkan pengumpulan data menggunakan teknik observasi, studi pustaka, dan kuesioner. Data yang digunakan adalah data primer berupa hasil penyebaran kuisioner. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis multiatribut Fishbein dan Uji Median (Median Test). Atribut yang menjadi preferensi mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura dan Universitas Airlangga Surabaya saat membeli smartphone adalah desain fisik, produk nyaman, tombol nyaman, memori eksternal, aplikasi social networking, aplikasi chatting, kemampuan internet, aplikasi online, back-up data, aplikasi tambahan, kualitas suara, tahan lama, kualitas gambar (display), mudah digunakan, harga, mudah diperoleh, layanan perbaikan, bonus pembelian, kelengkapan konektivitas, kelengkapan menu (features), kesan tertentu, tipe/jenis, kualitas sinyal, kualitas baterai, dan kamera. Hasil penelitian mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura (konsumen) yang pernah membeli smartphone android adalah Laki-laki berusia 21 tahun dengan penerimaan/bulannya antara Rp 250.001 – Rp 500.000 dan pengeluaran/bulannya antara Rp 250.001 – Rp 500.000 dengan sumber peneriman dari orang tua. Sedangkan karakteristik mahasiswa Universitas Airlangga Surabaya (konsumen) yang pernah membeli smartphone android adalah Perempuan berusia 19, 21, dan 22 tahun dengan penerimaan/bulannya antara Rp 500.001 – Rp 750.000 dan pengeluaran/bulannya antara Rp 500.001 – Rp 750.000 dengan sumber peneriman dari orang tua. Berdasarkan analisis multiatribut Fishbein terhadap atribut smartphone Samsung dan Smartfren, maka dalam membeli produk Samsung mahasiswa Universitas Trunojoyo lebih mempertimbangkan kualitas baterai, dan mahasiswa Universitas Airlangga Surabaya lebih mempertimbangkan kualitas sinyal. Sedangkan dalam membeli produk Smartfren mahasiswa Universitas Trunojoyo lebih mempertimbangkan kualitas baterai, dan mahasiswa Universitas Airlangga Surabaya lebih mempertimbangkan kelengkapan konektivitas. Kata Kunci : Preferensi Konsumen, smartphone, Analisis Multiatribut Fishbein.

    Abstraction

    This study aims to determine the attributes which became preferences and the attribute considered by most students of Trunojoyo University and Airlangga University and to know the characteristics of students who ever buy it. The study was conducted in Trunojoyo University and Airlangga University. The sampling technique used was purposive sampling with the consideration that not all of the students ever buy Samsung smartphones and Smartfren. While the data collection using observation, library research, and questionnaires. The data used are primary data in the form of the questionnaire result. Methods of data analysis used the Fishbein multi atribut analysis and Median Test (Median Test). Attributes of the student preference of Trunojoyo University and Airlangga University when buying a smartphone is the physical design, comfortable product, comfortable keypad, external memory, social networking applications, chat applications, Internet capability, online applications, back-up data, additional applications, quality of sound, durable, quality of image (display), easy to use, price, easy to obtain, repair services, purchase bonus, completeness connectivity, completeness menu (features), a certain impression, the types, signal quality, battery quality, and camera. The results of research on Trunojoyo University student (consumers) who ever buy android smartphone is a male aged 21 years with reception / monthly between Rp 250,001 - Rp 500,000 and expenditures / monthly between Rp 250,001 - Rp 500,000 with a source of revenue from the parents. While the characteristics of Airlangga University students (consumers) who ever buy android smartphone is women aged 19, 21, and 22 years with reception / monthly between Rp 500,001 - Rp 750,000 and expenditures / monthly between Rp 500,001 - Rp 750,000 with a source of revenue from the parents . Based on Fishbein multiatribut analysis on the attributes of Smartfren and Samsung smartphone, then the purchase Samsung products Trunojoyo University students first consider the quality of the battery, and more Airlangga University students considering the quality of the signal. While the purchase of products Smartfren Trunojoyo University students first consider the quality of the battery, and Airlangga University students first consider the completeness of connectivity. Key words : Consumer preferences, smartphones, Fishbein Multi atribut Analysis.

Detail Jurnal