Detail Karya Ilmiah

  • ANALISIS PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN BATIK DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS REGRESI
    Penulis : Mas AanNoerHaq
    Dosen Pembimbing I : Dr. Kukuh Winarso, S.Si., M.T.
    Dosen Pembimbing II :Indra Cahyadi, S.T., MBUS.
    Abstraksi

    UKM Batik Athaya merupakan UKM yang memproduksi batik khas Madura dan memiliki toko untuk menjual output produksinya, disamping itu UKM Batik Athaya juga melakukan pembelian batik ke Kabupaten Sampang, Pamekasan dan Sumenep untuk dijual kembali. Saat ini banyak bermunculan penjual batik lain yang menjadi pesaing, sehingga UKM Batik Athaya harus meningkatkan loyalitas konsumen dan experiential saat berbelanja. Berdasarkan permasalahan tersebut kemudian dilakukan pengukuran tingkat experiential marketing dan loyalitas konsumen serta hubungan antar akeduanya. Pengukuran tingkat experiential marketing dan loyalitas menggunakan kuisioner yang kemudian dianalisis hubungan keduanya dengan menggunakan regresi berganda, dimana sebelumnya variable experiential marketing dilakukan reduksi variable dengan menggunakan analisis factor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat experiential 75% responden setuju bahwa UKM Batik Athaya memberikan pengalaman yang baik dalam berbelanja dan 25% respondenmerasaragu-ragu, sedangkan tingkat loyalitas konsumen 61% pada tingkat advocates dan 39% pada tingkat client, kemudian analisis factor untuk mereduksi variable pada experiential marketing menghasilkan 5 komponen utama dan untuk analisis regresi dengan experiential marketing sebagai variable independen (X) dan loyalitas sebagai variable dependen (Y) didapatkan persamaan Y = -4.207+ 2.155X1 + 1.523X2 + 0.768X3 +0.639X4 + 0.379X5 Kata kunci : experiential marketing, loyalitas konsumen, analisi sfaktor, advocates, regresi.

    Abstraction

    UKM Batik Athaya is UKM that produce batik Madura and have a store to sell its production output, in addition to the UKM Batik Athaya also make purchases to Sampang, Pamekasan and Sumenep for resale. today many batik sellers popping another competitor, so that UKM Batik Athaya should increase consumer loyalty and experiential while shopping. Based on these problems then measuring the level of experiential marketing and customer loyalty as well as the relationship between the two. Measurement of levels of experiential marketing and loyalty using a questionnaire which is then analyzed their relationship by using multiple regression, where the previous variable variable reduction experiential marketing is done by using factor analysis. The results showed that the level of experiential 75% of respondents agreed that UKM Batik Athaya provide a good experience in shopping and 25% of respondents were undecided, while 61% level of consumer loyalty on the level of advocates and 39% at the level of the client, then the factor analysis to reduce variable in experiential marketing produces 5 major components and for regression analysis with experiential marketing as an independent variable (X) and loyalty as the dependent variable (Y) obtained equation Y = -4.207+ 2.155X1 + 1.523X2 + 0.768X3 +0.639X4 + 0.379X5 Keyword :experiential marketing, loyalitas konsumen, analisisfaktor, advocates, regresi.

Detail Jurnal