Detail Karya Ilmiah
-
ANALISIS PENGEMBANGAN PRODUK SANDAL DENGAN MENGGUNAKAN MULTIVARIAT KONJOINPenulis : Tiana SulistianingrumDosen Pembimbing I : Sabarudin Ahmad ST.,MT.Dosen Pembimbing II :Sugeng PurwokoST.,MT.Abstraksi
Pasar industri sandal saat ini meningkat lebih besar dari tahun ke tahun, karena diikuti dengan pertumbuhan penduduk yang semakin lama semakin bertambah mengakibatkan kebutuhan hidup meningkat khususnya kebutuhan sandal atau alas kaki. Banyak industri sandal di indonesia khususnya di jawa timur. Tetapi jika produk yang ada dalam pasaran tidak sesuai dengan yang diinginkan konsumen maka pemasaran juga tidak berhasil. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis konjoin. Metode konjoin adalah suatu teknik analisis yang dapat digunakan untuk menentukan tingkat kepentingan relatif berdasarkan persepsi pelanggan yang dibawa oleh suatu produk tertentu. Setelah metode dilakukan, akan mengasilkan kombinasi atribut yang optimal yaitu kenyamanan, harga, kualitas, warna, model. Dari masing – masing atribut memiliki beberapa taraf atribut. Yaitu kenyamanan ( spon empuk, spon keras), harga (<10.000, 10.000-20.000, >20.000), kualitas ( tahan lama, cepat rusak ), warna ( gelap, cerah), model (rumit, simple). Hasil dari metode tersebut kemudian diimplementasikan kedalam arsitektur produk dan design untuk manufaktur dari produk sandal, yang mewakili kebutuhan atau keinginan konsumen. Dalam design untuk manufaktur yaitu melakukan perhitungan jumlah sumber daya manusia yang bekerja, jumlah mesin yang dibutuhkan, biaya material dari produk sandal. Kemudian dilakukan perhitungan analisis ekonomi. Dari komulatif cashflow menunjukan bahwa pada bulan ke 3 biaya investasi yang belum tertutup sesudah akhir bulan ke 4. Alisan kas bulan ke 4 sebesar Rp. 2.841.550,- padahal dana yang dibutuhkan untuk menutup kekurangan investasi sebesar Rp. 1.149.300,- ini berarti bahwa waktu yang diperlukan untuk memperoleh dana sebesar Rp. 1.149.300,- adalah 4 hari. Jadi proyek tersebut payback periodenya adalah 4 bulan 4 hari.
AbstractionIn this era, sandal industry market increase more than year by year because it is followed by development of society are more increase and more increase. There are several sandal industries in indonesia espeially on east java tout if the product doesn’t fit cosumer so. The marketing is not succesful. This thesis uses konjoint analysis method. It is a analysis teehnique that can be used to determine the level of relative inportance. According to customer perseption about a special product as a result after using this method is trun up the attribute combination optimally. It is enjoyble, price, quality, color, and style.each of attribute has several kids of it. The first kind is enjoyble (soft aponsor handspon). Second, about price (<10.000. 10.000-20.000, >20.000) next, quality (keeping for along time or easy broke). Then, color (dart, or clear) and the last kind is about style (difficulty or simple). The result of that product will be inflied on product and design architeeture to manufacture from sandal product to represent from consumer ncessity. Manufacture design is doing calculation for a number of human source that work ,a number of mechine that needed, and fee of sandal product. Then it does to analysis economic calculation. Cashflow comulative show that on the third month investation free has not been closed yet until last the fourth month. The cashflow is RP. 2.841.550 on the fourth mony, even it take 4 days to get final RP. 1.149.300. So the project will payback periode on 4 months and 4 days periode.