Detail Karya Ilmiah
-
REDESAIN KEMASAN KACANG TOTO (OTOK) DENGAN MENGGUNAKAN KANSEI ENGINEERING (Studi Kasus UKM Di Madura Kab. Pamekasan)Penulis : Ady Cipto KusworoDosen Pembimbing I : Retno Indriartiningtias, ST., S.E., MT.Dosen Pembimbing II :Teguh Prasetyo, ST., MT.Abstraksi
Kemasan kacang otok kurang adanya label dan desain kemasan sehingga terjadi masalah dalam melakukan pemasaran produk otok. Masalah dapat diselesaikan dengan tahapan kansei engineering. Tujuan penelitian ini adalah membuat suatu pemilihan desain yang diinginkan oleh konsumen dari produk dengan menggunakan kansei engineering dan mengetahui pengaruh konsep desain kemasan dari hasil tahap kansei engineering terhadap konsumen. Proses kansei engineering memperoleh kansei words dari hasil wawancara pada konsumen kacang otok bulan Maret sampai April 2014 dan diperoleh 31 kansei words. Tahap selanjutnya adalah pengelompokan kansei words yang bermakna sama. Hal ini menghasilkan 21 kansei words. Langkah selanjutnya adalah tahap eliminasi kansei words dimana tahap eliminasi memperoleh 11 kansei words yang merupakan hasil untuk membuat konsep desain kemasan kacang otok. Tujuan penelitian ini membuat pemilihan desain sesuai pilihan konsumen dan mengetahui pengaruh konsep desain kemasan dari kata kansei. Biaya bahan produksi setelah kemasan di redesain tersebut menghasilkan Rp 10.900,- /produk dan produsen ingin mendapatkan profit 33% maka per produk dijual dengan harga Rp 14.500,-. Hasil analisis regresi linier berganda dari koefisien determinasi, menunjukkan bahwa nilai Y1 yang mempengaruhi sebesar 25.8% dan nilai yang dijelaskan oleh faktor lain sebesar 74.2%. Hasil analisis regresi linier berganda dari koefisien determinasi, menunjukkan bahwa nilai Y2 yang mempengaruhi sebesar 25.5% dan nilai yang dijelaskan oleh faktor lain sebesar 74.5%. Hasil analisis regresi linier berganda dari koefisien determinasi, menunjukkan bahwa nilai Y1 yang mempengaruhi sebesar 31.6% dan nilai yang dijelaskan oleh faktor lain sebesar 68.4%. Kata Kunci : Kansei Engineering, Regresi Linier Berganda
AbstractionFried peas packaging doesn’t have a label and uninteresting packaging design. It appears a problem in marketing otok produk. Kansei engineering steps can solve this problem. The objective of the research is to make the choice of design wanted by the consumer of the product by using the kansei engineering and to find out the impact of the package design concept of the step result of kansei engineering toward the consumer. Kansei engineering process gets the kansei words from an iterview to the fried peas consumers took from March to April 2014. It got 31 kansei words. The next step is kansei words grouping that has same meaning. There are 21 kansei words. After the grouping, the following step is elimination step of kansei words that resulting 11 kansei word. These results is used to make packaging design concept of kacang otok. The aim of the research are defining appropriate design for the packaging based on the consumers preference and acknowledging the influence of the concept of packaging design based on the kansei words. The cost of product material after redesigning the packageis Rp 10.900,-/product. The owner wants to get 33% profit so he sells it Rp 14.500,-. The result of double linier regresion analysis of determination coefficient shows that Y1 which influencing is 25,8% and the value explaining by the other factors are 74,2%. The result of double linier regresion analysis of determination coefficient shows that Y2 which influencing is 25,5% and the value explaining by the other factors are 74,5%. The result of double linier regresion analysis of determination coefficient shows that Y3 which influencing is 31.6% and the value explaining by the other factors are 68.4% Key words : Kansei Engineering, Double Linier Regression.