Detail Karya Ilmiah
-
ANALISIS POLA KLASTER DAN ORIENTASI PASAR SENTRA INDUSTRI BATIK TULIS PAMEKASANPenulis : ADITYO HIMAWAN SUSENODosen Pembimbing I : Fitri Agustina ST.MTDosen Pembimbing II :Ari Basuki ST.MTAbstraksi
Sektor industri sentra batik tulis Pamekasan merupakan industri batik yang terkenal di Kabupaten Pamekasan. Dikarenakan Pemerintahan Kabupaten Pemekasan mempunyai slogan sendiri sebagai kota batik dan batik tulis Pamekasan mempunyai kekhasnya dengan corak dan warna dengan batik lainnya Penelitian ini menggunakan data sampel dengan 50 responden pemilik industri sentra batik tulis Pamekasan. Analisis pada ini menggunakan analisis pola klaster Markussen, dan analisis regresi logistik. Hasil penelitian pada sentra industri sentra batik tulis Kecamatan Pamekasan mengacu pada pola klaster Marshallian,Hub & spoke dan Satelit. Hasil analisis regresi logistik dalam penelitian ini ada 2 variabel independen hasilnya signifikan dan berpengaruh terhadap orientasi pasar yaitu variabel tenaga kerja dan jaringan pembeli terbesar, serta empat variabel tidak signifikan dan tidak berpengaruh terhadap orientasi pasar yaitu variabel pelatihan usaha, umur perusahaan, jaringan pemasok bahan baku dan keaktifan promosi. Kata Kunci : klaster industri, industri sentra batik tulis, Orientasi Pasar.
AbstractionThe industrial center of batik Pamekasan sector is famous batik industry in Pamekasan. Because the government of pamekasan has a slogan as batik city and batik of pamekasan have different typical in his pattern and colour with the another. This study uses a data sample with 50 respondents owner industrial centers of batik Pamekasan. Analysis in this study use cluster pattern Markussen analysis, and logistic regression analysis. The Results of research on industrial centers batik of Pamekasan district refers to the pattern of the Marshallian clusters, hubs and spokes and Satellite. The results of logistic regression analysis in this study there are two independent variables which the results are significant and affect to the market orientation threre are variable labor and the largest buyer network, and also four variables are insignificant and do not affect to the market orientation there are business training variable, age of the company, the network of suppliers of raw materials and liveliness promotion. Keywords: industrial clusters, industrial centers of batik, Market Orientation.