Detail Karya Ilmiah

  • EDI (ELECTRONIC DATA INTERCHANGE) PADA PORTAL UKM MENGGUNAKAN METODE REST (REPRESENTATIONAL STATE TRANSFER)
    Penulis : MUHAMMAD ZAMRONI HAMZAH
    Dosen Pembimbing I : HERMAWAN, S.T, M.Kom
    Dosen Pembimbing II :BAIN KHUSNUL KHOTIMAH, S.T, M.Kom
    Abstraksi

    Data elektronik merupakan salah satu jenis data yang saat ini paling populer, karena semua orang mampu mengaksesnya dengan jaringan internet. Apabila data elektronik dan pertukarannya ini dimanfaatkan dengan baik maka akan berdampak positif pula bagi yang memanfaatkannya. Pertukaran Data Elektronik (Electronic Data Interchange (EDI)) tersebut, sangatlah cocok untuk diterapkan pada UKM (Usaha Kecil Menengah) yang perlu mempromosikan dan mencatat seluruh data produknya, yang pastinya untuk meningkatkan kualitas dan popularitas usahanya tersebut. REST (Representational State Transfer) merupakan salah satu metode yang paling sesuai untuk menerapkan Electronic Data Interchange (EDI) yang memiliki tugas utama, nantinya mampu melakukan pertukaran data dari berbagai server di setiap media promosi pemilik UKM (Usaha Kecil Menengah). Pada akhirnya, penelitian ini menghasilkan media promosi online yang semua Usaha Kecil Menengah (UKM) bisa memanfaatkannya sebagai tempat promosi produk mereka. Sehingga, dengan Media Promosi ini nanti, Usaha Kecil Menengah mampu berkembang dan bersaing dengan Usaha Maju yang sebelumnya sudah mempromosikan produknya pada media promosi online.

    Abstraction

    Electronic data is one type of data that is currently the most popular, because everyone is able to access the internet network. If the exchange of electronic data and is used properly it will have a positive impact as well for those who use it. Electronic Data Interchange (Electronic Data Interchange (EDI)) is, it is suitable to be applied to the UKM (Usaha Kecil Menengah) need to promote and record all data products, which must to improving the quality and popularity of their business. REST (Representational State Transfer) is one of the most suitable method to implement Electronic Data Interchange (EDI) which has a primary duty, will be able to exchange data from different servers in any promotional media owners UKM (Usaha Kecil Menengah). In the end, this study resulted in an online media campaign that all UKM (Usaha Kecil Menengah) can use it as a promotion of their product. Thus, with this later Media Promotion, Small and Medium Enterprises are able to grow and compete with the Forward Operating previously on a media campaign to promote their products online.

Detail Jurnal