Detail Karya Ilmiah

  • RANCANG BANGUN GAME RUMAH PERKALIAN
    Penulis : SUDIYANTO
    Dosen Pembimbing I : ARIK KURNIAWATI, S.Kom., M.T.
    Dosen Pembimbing II :YONATHAN FERRY HENDRAWAN, S.T., M.IT.
    Abstraksi

    Game Rumah perkalian merupakan salah satu game edukasi matematika. Game ini dapat membantu pemain dalam belajar perkalian maupun untuk mengasah kemampuan berhitung. Game Rumah Perkalian ini menyerupai game Tic-Tac-Toe atau yang lebih dikenal dengan XOX. Akan tetapi pada game Rumah Perkalian terdapat fitur tambahan yaitu perhitungan perkalian. Perkembangan teknologi yang semakin pesat telah menghadirkan teknologi smartphone atau ponsel pintar, salah satunya adalah Android. Kehadiran Android dapat digunakan sebagai media game. Baik itu untuk membuat game maupun untuk bermain game. Pada penelitian ini, game Rumah Perkalian dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman Java. Sedangkan media implementasi yang dipilih adalah smartphone yang berbasis Android. Pada penelitian ini, game Rumah Perkalian dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman Java. Sedangkan media implementasi yang dipilih adalah smartphone berbasis Android. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah game Rumah Perkalian dapat berjalan dengan baik pada smartphone Android atau tidak. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa game Rumah Perkalian dapat berjalan dengan baik pada smartphone Android. Resoulusi game berjalan optimal pada device yang memiliki resolusi 320 x 480 piksel serta untuk semua device yang memiliki perbandingan resolusi 2:3 atau 3:2. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat membantu pemain dalam memperkuat kemampuan berhitung khususnya perkalian.

    Abstraction

    Rumah Perkalian Game is one of the educational math game. This game can help players to learn multiplication and numeracy skills to hone. This game is similar to Tic-Tac-Toe or better known as XOX. But this game an additional feature of multiplication calculation. The rapid development of technology has brought the technology of smartphones, one of which is the Android smartphone. The presence of android can be used as a gaming medium. Whether it is to make the game and to play game. In this study, Rumah Perkalian Game built using the Java programming language. While the implementation of the selected media is a smartphone based on Android. From this study we concluded that the Rumah Perkalian Game’s well use on the Android smartphone. Resolution the game run optimally on device that has a resolution of 320 x 480 pixels and to all devices that have a ratio of 2:3 or 3:2 resolution. The existence of this study is expected to support players in strengthening the particular arithmetic multiplication.

Detail Jurnal