Detail Karya Ilmiah

  • MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MEMBACA UNTUK PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) MENGGUNAKAN TAHAP PRAFONIK
    Penulis : Mimi Aisyah Muyassyarofin
    Dosen Pembimbing I : Andharini Dwi Cahyani S.Kom, M.Kom
    Dosen Pembimbing II :Ari Kusumaningsih, S.T., M.T
    Abstraksi

    Membaca adalah unsur penting dan mendasar yang harus dipelajari setiap orang agar dengan mudah melakukan sesuatu di segala bidang. Membaca menjadi salah satu prasyarat memperoleh berbagai ilmu pengetahuan, karena itu membaca harus diajarkan sejak pendidikan anak usia dini. Anak usia dini mencakup umur 2-5 tahun yang masih tergolong sangat belia, dimana anak masih cenderung lebih senang untuk bermain saja. Pendekatan dalam pembelajaran sangat diperlukan sehingga walaupun anak masih dalam usia belia, mereka sudah mampu menyerap pelajaran sedikit demi sedikit. Salah satu pendekatan yang paling menarik saat ini melalui game. Dengan pendekatan ini anak akan senang bermain dan bersemangat untuk belajar. Model pembelajaran yang akan diterapkan pada penelitian ini yaitu menggunakan metode fonik. Metode fonik adalah model pembelajaran bahasa Indonesia untuk anak usia dini (0-8tahun) berdasarkan pendekatan komunikatif dan tahapan perkembangan anak. Metode fonik mengajarkan pengenalan huruf yang lebih menekankan pada mendengarkan bunyi huruf dan melihat huruf. Terdapat 4 tahap dalam metode fonik, yaitu: tahap prafonik, tahap 1, tahap 2 (Kelas 1 SD), dan tahap 3 (Kelas 2-3 SD). Dalam penelitian ini menggunakan tahap prafonik. Dalam penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa anak usia dini dikatakan sangat berhasil dalam pembelajaran dan menyebutkan bunyi huruf a, i, u, o dan e pada kata, benda, dan gambar.

    Abstraction

    Reading is fundamental and essential elements that should be learned everyone to easily do something in all fields. Reading is one of the prerequisites to obtain a variety of science, therefore reading should be taught from early childhood education. Early childhood include 2-5 years who still belongs to the very young, in which children still tend to prefer to play alone. Approaches in learning is indispensable so that even if the child is still in a young age, they've been able to absorb lessons learned little by little. One of the most interesting approach at this time through the game. With this approach, children will love to play and excited to learn. The learning model will be applied to the research method using Phonics. Phonics is a method of language learning Indonesia model for early childhood (0-8 years) based on the communicative approach and the stages of child development. Phonics teaching method of introduction letters that put more emphasis on listening to the sound of the letter and saw the letter. There are 4 stages in the Phonics method, namely: stage pre-phonics, stage 1, stage 2 (class 1 primary school), and stage 3 (grades 2-3 elementary school). In this study uses the stage pre-phonics. In this research obtained the conclusion that early childhood is said to be very successful in learning and mentions the sound of the letters a, i, u, o and e in words, objects, and pictures.

Detail Jurnal