Detail Karya Ilmiah

  • RANCANG BANGUN APLIKASI PEMBELAJARAN BAHASA MADURA
    Penulis : Faridatul Jannah
    Dosen Pembimbing I : Achmad jauhari, S.T., M.Kom
    Dosen Pembimbing II :Sigit Susanto Putro, S.Kom., M.Kom
    Abstraksi

    Teknologi informasi yang berkembang dengan cepat, menjadikan kebutuhan akan suatu konsep dan mekanisme belajar mengajar (pendidikan) berbasis TI menjadi sangat dibutuhkan. Hal ini menjadikan pembelajaran e-learning menjadi salah satu alternatif untuk media pembelajaran. Begitu juga dengan pelajaran bahasa Madura perlu pembelajaran berbasis teknologi . Maka dari itu, peneliti merancang dan membangun aplikasi pembelajaran bahasa Madura untuk meningkatkan minat siswa belajar Bahasa Madura. Aplikasi ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman web PHP,database MySQL, dan animasi berbasis flash. Data diperoleh melalui kuisioner. Data dianalisis secara deskriptif menggunakan tabel dan prosentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Aplikasi ini dapat membanttu siswa dalam belajar Bahasa Madura sebesar 90%. Dan 70% siswa menyatakan aplikasi ini mudah untuk digunakan. Dan 80% tampilan aplikasi ini menarik. Kesesuaian materi diaplikasi ini sebesar 45% , hal ini berarti materi aplikasi ini perlu diseusaikan. Dan 70% aplikasi ini dapat meningkatkan minat siswa dalam belajar Bahasa Madura. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Pembelajaran Bahasa Madura, E-Learning

    Abstraction

    Information technology is evolving rapidly, making the need for a concept and mechanism of learning (education) -based information technology become indispensable. This makes e-learning becomes an alternative to learning media. Likewise with Madura language lessons need technology-based learning. Therefore, researchers design and build language learning apps Madura to increase students' interest to learn English Madura. This application is built using web programming language PHP, MySQL database, and flash-based animations. Data obtained through questionnaires. Data were analyzed descriptively using tables and percentages. The results showed that these applications can membanttu students in learning English Madura by 90%. And 70% of students said that the application is easy to use. And 80% see this exciting application. The suitability of the material is applied by 45%, this means that the application needs diseusaikan material. And 70% of these applications can increase student interest in learning English Madura. Keywords: Learning Media, Madura Language Learning, E-Learning

Detail Jurnal