Detail Karya Ilmiah
-
Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Produk Minuman Sari Alang-alang (UKM R. Rovit Kota Batu)Penulis : Tobagus Arista Pratama PutraDosen Pembimbing I : Dr. M. Fuad FM, S.TP., M.SiDosen Pembimbing II :Supriyanto, S.TP., MP.Abstraksi
ABSTRAK Persaingan dalam bisnis selalu mengalami perkembangan, hal itu bisa dilihat dengan munculnya berbagai macam produk yang diciptakan pesaing untuk menguasai pangsa pasar. Minuman sari alang-alang merupakan produk utama dan menjadi produk unggulan dalam UKM R. Rovit. Dalam penelitian ini menggunakan analisis konjoin, konsumen diminta untuk memilih salah satu kombinasi atribut dari empat atribut dalam tiap-tiap stimuli dimana keseluruhan terdapat delapan stmuli. Analisis konjoin adalah teknik multivariat yang di kembangkan secara khusus untuk mengetahui bagaimana perkembangan preferensi konsumen terhadap beberapa macam barang atau jasa. Merancang suatu produk dengan cara memadukan semua kemungkinan atribut dan masing-masing atribut produk tersebut. Produk tersebut diberikan kepada responden yang memberikan evaluasi keseluruhan tentang produk. Responden disini merupakan konsumen minuman sari alang-alang dari UKM R. Rovit. Faktor atau atribut dan taraf yang digunakan adalah : Rasa (manis, agak manis), Warna (cerah, pucat), Kemasan (besar, kecil), dan Harga (murah, mahal). Dari hasil analisis konjoin diketahui bahwa preferensi untuk faktor terpenting yang dipertimbangkan oleh konsumen adalah harga dengan nilai relative sebesar (30,969%), kedua adalah kemasan (23,101%), ketiga adalah warna (20,984%), dan keempat adalah rasa (18,696%). Sedangkan taraf yang paling disukai dari faktor yang dipertimbangkan adalah rasa yang manis, warna yang cerah, kemasan yang kecil, dan harga yang murah. Kata kunci : Sari Alang-alang, analisis konjoin, preferensi konsumen.
AbstractionABSTRACT Competition in business has always been progressing, it can be seen with the emergence of a wide range of products that created a competitor for market share. Reeds juice is main product and become flagship product in the UKM R. Rovit. In this research using conjoint analysis, consumers were asked to choose one of four attributes combinations in each stimuli which contained have overall eight stmuli. Conjoint analysis is a multivariate technique that was developed specifically to find out how the development of consumer preferences towards some kind of goods or services. Designing a product by combining all the possible attributes and each attribute of the product. The products were given to respondents who provide an overall evaluation of the product. Respondents here is the juice beverage consumer reeds of UKM R. Rovit. Factors or attributes and level used are: Flavor (sweet, rather sweet), Color (bright, pale), Packaging (large, small), and Price (inexpensive, expensive). From the results of conjoint analysis for preference known that the most important factor considered by consumers is the price relative to the value of (30.969%), the second is the packaging (23.101%), the third is the color (20.984%), and the fourth is the sense of (18.696%). While the most preferred level of the factors considered is a sweet flavor, bright color, small packaging, and low prices Keywords: Imperata Essence, conjoint analysis, consumer preferences.