Detail Karya Ilmiah

  • ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN CAMILAN STIK DAUN KELOR UD. BUDI JAYA
    Penulis : SONHAJI
    Dosen Pembimbing I : Ir. Muhammad Fakhry., MP
    Dosen Pembimbing II :Iffan Maflahah, S.TP.,MSi
    Abstraksi

    Keberadaan UKM di negara-negara berkembang saat ini menjadi sektor penting sebagai pusat orientasi perekonomian Preferensi konsumen merupakan konsep pemahaman kepada konsumen terhadap merek. Preferensi adalah faktor utama untuk dapat memahami hubungan antara persepsi dan penentuan pilihan. Preferensi konsumen diperlukan untuk menentukan arah pilihan konsumen terhadap suatu merk tertentu. Metode kano digunakan sebagai pemetaan preferensi konsumen. Jenis kuisioner kano menggunakan functional question dan disfunctional questions. Atribut dibagi dalam enam kategori yaitu Attractive, Must-be, One dimensional, Indifferent, Reverse, dan Questionable. Terdapat 5 atribut kategori Indifferent dan 3 atribut kategori Reverse. Parameter utama yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen adalah nilai kepuasan (IBT) dan ketidakpuasan konsumen (IWT) dengan nilai IBT tertinggi berada pada atribut kemasan produk membuat stik tahan lama yaitu 0,33 dan nilai IWT tertinggi pada atribut tempat pemasaran sangat strategis yaitu -0,36. Atribut yang harus dipertahankan adalah atribut 3 (rasa), atribut 4 (kerenyahan), dan atribut 6 (tekstur), sedangkan atribut yang harus diperbaiki adalah atribut 2 (ketahanan kemasan), atribut 7 (tempat pemasaran), dan atribut 8 (harga).

    Abstraction

    The presence of SMEs in developing countries is now becoming an important sector of the economy as the central orientation. Consumer preference is the concept of understanding the consumer to the brand. Preference is a major factor to be able to understand the relationship between perception and the determination of choice. Consumer preferences is needed to determine the direction of consumer choice to a certain brand. Kano method used as a mapping consumer preferences. Type of kano questionnaire used functional question and disfunctional questions. Attributes are divided into six categories: Attractive, Must-be, One-dimensional, Indifferent, Reverse, and Questionable. There are 5 attributes in categories Indifferent and 3 attributes in categories Reverse. The main parameters that influence consumer purchasing decisions are value customers satisfaction (IBT) and customer dissatisfaction (IWT) with the highest value of IBT is 0,33 in attribute packaging makes the product durable of stick and the highest value of IWT is -0,36 in attribute very strategic marketing. Atribut which must be maintained are attribute 3 (taste), attribute 4 (crispness), and attribute 6 (texture), while the attribute must be repaired is attribute 2 (resistance packaging), attribute 7 (marketing), and attribute 8 (price).

Detail Jurnal