Detail Karya Ilmiah
-
ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP PRODUK KISMIS SALAK (UD. Budi Jaya. Kabupaten Bangkalan)Penulis : Heri PurwantoDosen Pembimbing I : Rakhmawati,S.TP.,MTDosen Pembimbing II :Darimiyya Hidayati,S.TP.,MPAbstraksi
Kismis salak merupakan makanan Khas Bangkalan-Madura dan merupakan Produk Olahan dari hasil pertanian yang terbuat dari buah salak dan diproses secara higienis. Preferensi konsumen terhadap pada produk makanan dipengaruhi oleh karakteristik berdasarkan individu (umur, jenis kelamin, pendidikan dan pekerjaan), pembelian konsumen berdasarkan atas pilihan. Pilihan tersebut meliputi atribut dan taraf atribut yang ada pada produk. Kismis salak memiliki atribut sperti tekstur, rasa, kemasan dan harga. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa nilai utilitas/kegunaan atribut terpilih untuk tingkat kesukaan/pilihan tekstur kismis salak (keras dengan nilai utilitas sebesar 0,030), rasa kismis salak (manis dengan nilai utilitas sebesar 0,084), kemasan kismis salak (menarik dengan nilai utilitas sebesar 0,016) dan harga kismis salak (murah dengan nilai utilitas 0,102). Atribut dalam pengambilan keputusan konsumen terhadap konsumsi kismis salak adalah faktor pertama harga sebesar (28,903), faktor kedua tekstur sebesar (27,673), faktor ketiga rasa (22,646) dan faktor keempat kemasan (20,777). Kata kunci : Preferensi konsumen, kismis salak, anlisis konjoin, atribut dan nilai utilitas
AbstractionRaisins bark is typical Bangkalan-Madura foods and are processed from agricultural products made from fruits and processed hygienically. Consumer preferences for food products is influenced by the characteristics by individual (age , gender, education and occupation), based on consumer purchase choices. These options include the attributes and the attributes of the standard of the product . Currant bark has attributes just as texture , flavor , packaging and pricing . From the results of this research is that the value of the utility/ usability attributes chosen for the level of preference/choice of raisin bark texture ( hard with a utility value of 0.030), bark raisin flavors (sweet with a utility value of 0.084) , packaging raisin bark (appealing to the utility value of 0.016) and the price of raisins bark (with low utility value of 0.102). Attribute in consumers decision making raisin consumption barking is the first factor of the price (28.903), the second factor of texture (27.673), the third factor sense (22.646) and fourth factor packaging (20.777). Keywords : consumer preferences , raisin bark , anlisis conjoint , attributes and utility value.