Detail Karya Ilmiah

  • ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN DI RUMAH MAKAN BEBEK SONGKEM BANGKALAN
    Penulis : JULIADI MULYANA
    Dosen Pembimbing I : Ir. Muhammad Fakhry, MP
    Dosen Pembimbing II :Iffan Maflahah, STP., MSi
    Abstraksi

    Persaingan rumah makan di Bangkalan semakin ketat ditandai dengan munculnya berbagai jenis rumah makan.Untuk memenangkan persaingan dengan rumah makan yang lain, rumah makan Bebek Songkem Bangkalan perlu memperhatikan kualitas produk dan layanan yang diberikan kepada setiap konsumennya. Dengan kualitas pelayanan dan produk yang baik maka konsumen akan merasa puas dan terpenuhi apa yang diinginkan. Dalam penelitian ini konsumen diminta untuk memilih salah satu kombinasi atribut dari tiga atribut dalam tiap-tiap stimuli dimana keseluruhan terdapat dua belas stmuli. Analisis konjoin merupakan teknik untuk menentukan tingkat kepentingan dan nilai kepentingan relative dari berbagai atribut beserta level mana saja yang dianggap paling penting menjadi pertimbangan konsumen dalam mengkonsumsi Bebek Songkem Bangkalan. Penelitian ini menggunakan analisis konjoin untuk mencari ciri-ciri produk rumah makan Bebek Songkem Bangkalan yang disukai oleh konsumen. Faktor atau atribut dan level yang digunakan adalah : Rasa ( gurih biasa, gurih pedas), Pelayanan (puas, tidak puas, biasa saja), Harga (murah, mahal). Dari hasil analisis konjoin diketahui bahwa preferensi untuk faktor terpenting yang dipertimbangkan oleh konsumen adalah pelayanan dengan nilai relative sebesar (56,66%), kedua adalah harga (32,10%), dan ketiga adalah rasa (11,24%). Sedangkan level yang paling disukai dari faktor yang dipertimbangkan adalah rasa yang gurih pedas, pelayanan puas, dan harga yang murah. Kata kunci : Bebek Songkem, Preferensi Konsumen, Analisis Konjoin

    Abstraction

    The competition of restaurant business in Bangkalan become tighter and tighter and it is marked by the emerge of various of restaurant. To win the competition with the other restaurant, Bebek Songkem Bangkalan should notice the quality product and service given to consumers. With the existance of good product and service quality, consumers will feel satisfy and the fullfilled what they desire. In this study, consumers are asked to choose one of three attribute combinations in each stimulant where the total are twelve stimulants. Conjoint analysis is a technique to determine the level of interest and the value of relative interest from any attribute and level which are considered important for consumers to consider in consuming Bebek Songkem Bangkalan. The study uses conjoint analysis to discover the typical product of Bebek Songkem Bangkalan that mostly preferred by consumers. The attribute or factors and level used are: taste ( usual savory, spicy savory), service (satisfy, dissatisfy, usual), price (expensive and cheap). The result of conjoint analysis shows that the preference for important factor to be considered by consumers is service with the relative value of (56,66%), secondly is price (32,10%), and the third is taste (11,24%). While the level mostly preferred from the considered factor is spicy savory, service results in satisfaction and cheap price. Keywords: Bebek Songkem, Consumers preference, Conjoint Analysis.

Detail Jurnal