Detail Karya Ilmiah

  • APLIKASI QSPM (QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX) PADA PRODUK MI DI KABUPATEN SAMPANG (Studi Kasus Kedai Ke’keke’ di Kabupaten Sampang)
    Penulis : R. CAHYA ARROCHMAN
    Dosen Pembimbing I : SRI HASTUTI, S.PT., MP
    Dosen Pembimbing II :BANUN DIYAH PROBOWATI, STP.,M.SI
    Abstraksi

    Banyaknya bisnis makanan yang dibuka menimbulkan persaingan yang sangat kuat, terlebih jenis-jenis makanan yang ditawarkan hampir sama hanya cita rasa dan kualitasnya yang berbeda. Salah satu makanan yang banyak diminati saat ini adalah mi, sehingga semakin banyak tempat usaha mi yang dibuka artinya semakin banyak pula pilihan tempat bagi konsumen untuk makan. Berdasarkan adanya perubahan-perubahan pada perilaku konsumen, dan semakin kuatnya persaingan dalam menjaring pangsa pasar, pemilik usaha dituntut harus mampu memperhatikan dan mengetahui apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan konsumen, kemudian berusaha untuk dapat memenuhinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor internal dan eksternal serta strategi alternatif pengembangan kuliner mi di Kedai Ke’Keke’. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode QSPM (Quantitative Strategi Planning Matrix) merupakan teknik yang secara objektif dapat menetapkan strategi alternatif yang diprioritaskan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor internal yang berpengaruh terhadap pengembangan usaha mi adalah izin Dinas Kesehatan sebagai faktor kekuatan dengan nilai 0,096, sedangkan lokasi strategis merupakan faktor kelemahan dari Kedai Ke’Keke’. Faktor-faktor eksternal yang berpengaruh terhadap pengembangan usaha mi adalah tersedianya informasi kuliner yang terkenal sebagai faktor peluang dengan nilai 0,123. Strategi alternatif yang dipilih berdasarkan QSPM yaitu mempertahankan kualitas mi. Kata kunci: Faktor internal, faktor eksternal, QSPM, Strategi Alternatif

    Abstraction

    The number of food businesses that opened evokes a very strong competition, especially the types of food offered almost the same taste and quality is just different. One of the foods that is much in demand today is the noodles, So that more and more businesses are opening noodles also means more options for consumers to eat. Based on the presence of changes in consumer behavior, and the stronger competition in capturing market share, business owners are required to be able to pay attention and know what the needs and desires of consumers, then trying to attend to. This study aims to determine the internal and external factors and the development of alternative strategies culinary noodles in Kedai Ke'Keke . The method used in this study is the method QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix) is techniques that can objectively define alternative strategies are prioritized. The results showed that the internal factors that influence the development of the noodle business is as a Health Department permit the power factor with a value of 0.096, while the strategic location is a factor of weakness Kedai Ke'Keke'. The external factors that influence the development effort are the availability of information noodle famous culinary opportunities as a factor with a value of 0.123. Alternative strategies are selected based on QSPM namely maintaining the quality of noodles. Keywords: internal factors, external factors, QSPM, Alternative Strategies.

Detail Jurnal