Detail Karya Ilmiah
-
ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP JAMU TRADISIONAL "GALIAN RAPET WANGI" (Studi Kasus PJ. Madura Sari di Kabupaten Sampang)Penulis : KHAIRUL UMAMDosen Pembimbing I : Ir. Muhammad Fakhry, MP.Dosen Pembimbing II :Millatul Ulya, STP., MT.Abstraksi
Permintaan akan jamu tradisional datang dari dalam maupun luar Madura. Perusahaan harus dapat mengetahui keinginan konsumen dari segi kualitas produk dan sebisa mungkin merealisasikan keinginan konsumen tersebut agar konsumen merasa puas dengan produk yang dikonsumsi. Konsumen merupakan aset terpenting bagi suatu industri. Tanpa adanya konsumen yang loyal terhadap industri, maka perusahaan tidak akan berkembang seperti yang diinginkan. Salah satu cara untuk mendapatkan loyalitas konsumen yaitu harus memberikan produk yang sesuai dengan keinginan konsumen sehingga konsumen merasa puas. Penelitian ini menggunakan analisis konjoin untuk mengetahui ciri-ciri Jamu Tradisional Galian Rapet Wangi yang disukai oleh konsumen. Faktor atau atribut dan level yang digunakan adalah : Rasa ( pahit, agak pahit), Warna (kuning, kuning kecoklatan), Aroma (menyengat, biasa), dan Khasiat (berkhasiat, tidak berkhasiat). Dari hasil analisis konjoin diketahui bahwa preferensi untuk faktor terpenting yang dipertimbangkan oleh konsumen adalah khasiat dengan nilai relative sebesar (30.020%), kedua adalah rasa (27.790%), ketiga adalah warna (24.949%), dan keempat adalah aroma (17.240%). Sedangkan level yang paling disukai dari faktor yang dipertimbangkan adalah khasiat Jamu Tradisional yang berkhasiat, rasa yang pahit, warna kuning, dan aroma yang menyengat. Kata kunci : Jamu Tradisional, Preferensi Konsumen, Analisis Konjoin
AbstractionDemand on traditional herb drink comes from both inside and outside of Madura. Company should determine the consumer preference in terms of product quality and able to realize the preference in order to achieve costumers’ satisfaction on product consumed. Customers are the most important asset for any industry. Without the existance of customers that loyal to industry, the company will not able to developed it’s bussiness as planned. One way to gain customers’ loyalty is to provide product as demanded. The study applies conjoint analysis to determine the characteristic of Galian Rapet Wangi traditional herb drink prefered by customers. Factor or attribute and level used are: taste (bitter, slightly bitter), color (yellow, brown yellow), fragrance (pungent, reguler), and efficacy (nutritious, not nutritious). The result of conjoint analysis shows that preference on important factor considered by customers are efficacy with the relative value of (30.020%), secondly is taste (27.790%), third is color (24.949%), and the fourth is fragrance (17.240%). In the other side, the level that mostly preferred from traditional herb drink are nutritious, bitter taste, yellow color, and pungent fragrance. Keywords: Traditional Herb Drink, Customers Preference, Conjoint Analysis.