Detail Karya Ilmiah

  • ANALISIS FAKTOR-FAKTOR DAYA TARIK KEMASAN GULA MERAH TERHADAP MINAT PEMBELIAN ULANG KONSUMEN
    Penulis : Sumrotul Hoiriyah
    Dosen Pembimbing I : Banun Diyah Probowati, S. TP., M. Si
    Dosen Pembimbing II :Ir. Umi Purwandari. M. App. Sc. Ph. D
    Abstraksi

    Gula merah merupakan kebutuhan pokok manusia yang selalu mengalami perubahan yang cenderung meningkat. Gula merah tersebut diproduksi dari kota Sumenep yang diexpor ke Kabupaten Sampang dan sekitarnya. Gula merah yang dijual di pasaran kebanyakan gula merah tanpa kemasan atau gula merah yang belum dikemas. Kemasan sangat penting dalam meningkatkan nilai gula merah. Faktor-faktor yang ada pada kemasan yaitu warna, desain, bentuk, ukuran, material fisik dan informasi dalam label. Penelitian ini bertujuan seberapa besar pengaruh faktor-faktor kemasan terhadap minat pembelian ulang dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa berdasarkan warna kemasan berdampak pada peningkatan terhadap minat pembelian ulang sebesar 0,714, desain kemasan berdampak pada peningkatan terhadap minat pembelian ulang sebesar 0,171, material fisik berdampak pada peningkatan terhadap minat pembelian ulang sebesar 0,473, informasi dalam label berdampak pada peningkatan terhadap minat pembelian ulang sebesar 0,409, bentuk berdampak pada penurunan terhadap minat pembelian ulang sebesar -0,219 dan pada ukuran berdampak pada penurunan terhadap minat pembelian ulang sebesar -0,047. Jadi faktor-faktor yang lebih dominan adalah warna, desain, material fisik informasi dalam label.

    Abstraction

    Brown sugar is human’s daily need that tends to increasingly change. The brown sugar is produced in Sumenep and delivered widely to Sampang region and surrounds it. The brown sugar sold in market is usally unpackaged brown sugar or not yet packaged. Packaging is important to increase the value of brown sugar itself. Factors exist in packaging is color, design, shape, size, physical material and information written on the label. The purpose of this study is to determine the amount influence of packaging factors on re-purchasing interest by applying multiple linear regressions analysis method. The result states that the color of package influences the increasing of re-purchasing interest of 0,714, packaging design influences the increasing of re-purchasing interest of 0,171, physical material influences the increasing of re-purchasing interest of 0,473, information writer on a label influences the increasing of re-purchasing interest of 0,409, shape influences the increasing of re-purchasing interest of -0,219 and size influences the increasing of re-purchasing interest of -0,047. So, the dominant factors are color, design, physical material and information written on a label.

Detail Jurnal