Detail Karya Ilmiah

  • Analisis Preferensi Konsumen dalam Membeli Batik Tulis di Kecamatan Tanjung Bumi Kabupaten Bangkalan
    Penulis : ALFA LAILA
    Dosen Pembimbing I : Ihsannudin, SP,. MP
    Dosen Pembimbing II :Slamet Widodo, SP,M.Si
    Abstraksi

    ABSTRAK Pengambilan preferensi pembelian batik tulis sangat dipengaruhi oleh preferensi konsumen. Berkaitan dengan hal ini bertujuan untuk mendeskripsikan usaha batik tulis, mendeskripsi karakteristik konsumen dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen. Penelitian dilakukan di Kecamatan Tanjung Bumi Kabupaten Bangkalan. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik accidental sampling, dengan responden 30 orang. Sedangkan metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian konsumen batik tulis berusia 40-45 tahun, dengan pendidikan SD, memiliki pekerjaan Ibu RT dengan pendapatan antara lain 500.000 – < 1.000.000 rupiah, dan jumlah keluarga sebanyak 2-5 orang. Sedangkan faktor yang mempengaruhi preferensi pembelian batik tulis, variabel dependen dalam penelitian disini tidak mempunya pengaruh terhadap variabel independen yaitu harga, motif dan warna, kecuali variabel kualitas produk berpengaruh positif terhadap preferensi konsumen dalam membeli batik tulis di Tanjung Bumi. Kata kunci: Preferensi konsumen, batik tulis

    Abstraction

    ABSTRACT Taking of purchasingpreferenceof batik is strongly influencedbyconsumer preference. In this connection, itaims to describe thebatikbusiness,consumer characteristics,andanalyze the factorswhich influenceconsumer decisions. The study is conductedinthe district of TanjungBumi,Bangkalan. The sampling of methodis donebyusing theaccidental sampling technique, by30respondents. While the methodofanalysis usedismultiple linear regression analysis. The results showthatthe majorityof consumersof batikare about 40-45 yearsold, by education ofelementaryschool, havinga job of householdwithincomesamong 500,000-<1 million dollars, andthe number of familiesas many as2-5 persons. While thefactors that influencethe purchasing preferenceof batik arethe dependentvariablein the studyheredoes not havean influence to theindependent variable, they areprice, pattern andcolor, except forthe variableof quality ofthe productthat has positive influence toconsumerpreferencein buyingbatikinTanjung Bumi. Keywords: consumerpreference, batik

Detail Jurnal