Detail Karya Ilmiah
-
Analisis Finansial Rengginang Lorjuk (Studi Kasus Di Desa Prenduan, Kecamatan Pragaan kabupaten sumenep)Penulis : Agus PrasetyoDosen Pembimbing I : Slamet Widodo. SP,.M,SiDosen Pembimbing II :Taufik Rizal Dwi AN SP.MMAbstraksi
ABSTRAK Penelitian ini dilakukan di Desa Prenduan, Kecamatan Pragaan, Kabupaten Sumenep Tujuan penelitian ini adalah untuk mengatuhi kelayakan finansial dan strategi pemasaran agroindustri rengginang lorjuk. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive yaitu Kecamatan Pragaan. Analisis yang digunakan analisis deskriptif kualitatif untuk mengetahui profil agroindustri rengginang lorjuk, sedangkan untuk mengetahui analisis kelayakan finansial agroindustri rengginang lorjuk menggunakan analisis deskriptif kualitatif yaitu perhitungan BEP, R/C ratio, dengan tehnik pengumpulan data melalui observasi, penyebaran kuisioner, wawancar, studi kepustakaan dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa profil agroindustri rengginang lorjuk merupakan industry sekala rumah tangga yaitu menggunakan modal sendri sebagai modal awal membuka usaha rengginang lorjuk, sudah memiliki surat izin sehingga pemasarannya sudah bisa keluar Madura bukan cuman di daerah Kecamatan Pragaan dengan menggunakan dua jalur pemasara, 1) produsen ke distributor lalu ke konsumen 2) produsen langsung memasarkan ke konsumen. Secara finansial agroindustri ini layak untuk dikembangkan atau dilanjukkan yaitu diperoleh dari perhitungan analisis biaya dan pendapatan, analisis BEP (Break Even Point). R/C Ratio (Revenue Cost Ratio). Kata kunci: kelayakan agroindustri, strategi pemasaran
AbstractionABSTRACT The research was conducted in Prenduan village, Pragaan sub-district, Sumenep regency. The purpose of study was to known the financial advisability and the agro-industry marketing strategies of Rengginang Lorjuk. The sampling method in this study using the purposive technique is Pragaan Sub-district. The analysis was used qualitative descriptive analysis to know the agro-industry profile of Rengginang Lorjuk, whereas to know the agro-industry financial advisability analysis of Rengginang Lorjuk using qualitative descriptive analysis that is the calculation of BEP, R / C ratio, with the technique of collecting data through observations, questionnaires, interviewing, literature study and documentation. Based on the survey results revealed that the agro-industry profiles of Rengginang Lorjuk is the household scale industry is using own capital as in starting a business of Rengginang Lorjuk, it already has a license so that its marketing be out of Madura not only do in Pragaan sub-district by using two marketing channels. 1) Producer to distributors and then to consumers, 2) Producer market directly to consumers. Financially, this agro-industry feasible to be developed or continued that is obtained from the calculation of cost and income analysis, BEP (Break Even Point). R / C Ratio (Revenue Cost Ratio) analysis. Keywords : Agro-industry advisability, Marketing strategies