Detail Karya Ilmiah
-
Karakteristik Usaha dan Efisiensi Pemasaran Bunga Melati Kelurahan Kelurahan Tonjung Kecamatan Burneh Kabupaten BangkalanPenulis : LAILATUL FITRIYAHDosen Pembimbing I : ANDRIE KISROH SUNYIGONO, SP. M.si., Ph.DDosen Pembimbing II :Dr. Ir. SLAMET SUBARI, M.siAbstraksi
Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Bangkalan dengan tujuan : (1) untuk mengetahui karakteristik responden dan karakteristik usaha bunga melati di Kelurahan Tonjung Kecamatan Burneh Kabupaten Bangkalan, (2) untuk mengetahui sistem dan saluran pemasaran bunga melati di Kelurahan Tonjung Kecamatan Burneh Kabupaten Bangkalan dan (3) untuk Mengetahui efisiensi pemasaran pada saluran pemasaran bunga melati pada petani yang tergabung dalam keanggotaan kelompok tani. Metode penelitian mengambil lokasi penelitian secara sengaja dengan pertimbangan daerah penelitian merupakan sentra produksi bunga melati di Madura. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif, analisis kuantitatif menggunakan margin pemasaran. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa: (1) Karakteristik usaha lembaga pemasaran dapat dilihat dari permodalan, tenaga kerja, penjualan dan pemasaran (2) Dari hasil penelitian yang dilakukan terdapat 1 saluran pemasaran bunga melati, (3) fharmer share petani cukup tinggi menunjukan pemasaran yang dilakukan cukup efisien Kata kunci : Bunga melati, kelurahan tonjung, rantai pemasaran dan efisiensi pemasaran
AbstractionThis Study aims to analyze the characteristics of respondents and business characteristics of jasmine and efficiency of marketing chains and marketing margins in the jasmine at Tonjung Urban village of Bangkalan regency. The method used is deskriptive and analytical methods margin, distribution margin and share price received by farmers. The results indicated (1) The characteristics of business marketing agencies affected by several factors as was asset, employe, selling and marketing (2) that there were one marketing chains in the research sites (3) the fharmer share is so quite high this aims the marketing efficiency. Keywords : marketing chains, marketing margins, jasmine and marketing efficiency