Detail Karya Ilmiah
-
KERAGAAN POTENSI AGROINDUSTRI JAMU MADURA DI KABUPATEN PAMEKASANPenulis : SIGIT ANGGONODosen Pembimbing I : Taufik Rizal Dwi AN, SP,. MMDosen Pembimbing II :Slamet Widodo, SP., M. SiAbstraksi
ABSTRAK Masyarakat Indonesia masih mempercayai jamu sebagi salah satu obat yang paling ampuh untuk berbagai macam penyakit dan salah satu obat turun temurun dari nenek moyang masyarakat Indonesia. Jamu tradisional Madura merupakan ramuan tradisonal yang telah populer hingga manca negara, permintaan jamu tradisonal Madura kebayakan dari Malaysia dan Singapura. ini bisa menjadi bukti bahwa jamu Herbal Tradisional Madura terbukti keampuhannya dan dikenal hingga luar Negara. Salah satu sentra pengembangan usaha jamu Madura yaitu di Kabupaten Pamekasan. Dalam perkembanganya, jamu tradisianol Madura telah mengalami kemajuan yang pesat, sentuhan teknologi dalam pembuatan dan pengemasanyan telah menetapkan ramuan tradisonal. Tujuan penelitian ini adalah untuk strategi pemasaran dan Mengetahui karasteristik agroindustri jamu Madura di kabupaten Pamekasan. Metode penelitian yang di gunakan adalah metode diskriptif kualitatif dan pengumpul anda Tanya mengunakan data Primer dan sekunder dengan metode observasi dan peyebaran kusioner. Berdasarkan hasil penelitian di ketahui bahwa produsen jamu tradisional Madura berjumlah 4 produsenyakni dengan saluran pemasaran Produsen-Konsumen dimana konsumen langsung datang ketempat produsen pengusaha jamu tradisional Strategi Pemasaran yang tepat untuk agroindustri Jamu tradisional Madura di Pamekasan adalah Mengenali konsumen, Mempromosikan Produk, pemilihan lokasi, menggunakan tekhnologi modern untuk pemasaran. Kata kunci: Keragaan, Jamu tradisional Madura ?
AbstractionABSTRACT Indonesian society still believe to herbal medicine as one of the most potent medicine for variety of diseases and one of medicine hereditary from the ancestors of Indonesian society. Traditional herbal medicine of Madura is a traditional herb that has been popular to foreign countries, traditional herbal medicine of Madura request plumpness from Malaysia and Singapore. It could become proof that the traditional herbal medicine of Madura proven efficacy and known to foreign countries. One of the herbal medicine Madura business development centers in Pamekasan Regency. In the expansion, the traditional herbal medicine Madura has made progress, touch of technology in manufacturing and packaging have established traditional ingredients. The purpose of this study to marketing strategy and knowing the characteristics of agro-industry herbal medicine Madura in Pamekasan Regency. The research method used is qualitative descriptive method of collecting data use primary and secondary data to the method of observation and questionnaires. Based on the survey results revealed that the producers of traditional herbal medicine Madura amounted 4 producer that is the marketing channels Producers-Consumers whereby consumers directly come to the producers of traditional herbal medicine Marketing strategy is right for agro-industry traditional herbal medicine Madura in Pamekasan regency was Identifying consumer, Promoting Products, choice of location, using modern technology to marketing. Keywords : The performance, traditional herbal medicine of Madura