Detail Karya Ilmiah

  • ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN JANGKAUAN PASAR BAGI PRODUSEN (STUDI INDUSTRI KERAJINAN BATIK DI KECAMATAN PROPPO KABUPATEN PAMEKASAN)
    Penulis : YUFITA LISTIANA
    Dosen Pembimbing I : Dr. Kurniyati Indahsari, M.Si
    Dosen Pembimbing II :Tripitono Adi Prabowo, SE.,ME
    Abstraksi

    Yufita Listiana, Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Jangkauan Pasar Bagi Produsen (Studi Industri Kerajinan Batik Di Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan). Dibawah bimbingan Dr. Kurniyati Indahsari, M.Si dan Tripitono Adi Prabowo, S.E., ME. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jangkauan pasar dan faktor – faktor yang mempengaruhi keputusan jangkauan pasar bagi produsen industri kerajinan batik di Kecamatan Proppo, Kabupaten Pamekasan. Penelitian ini menggunakan data primer melalui wawancara terstruktur kepada 85 responden sebagai pemilik industri kerajinan batik di Kecamatan Proppo, Kabupaten Pamekasan. Analisis binary regresi logistik yang digunakan adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang membedakan antara industri yang memiliki jangkauan pasar nasional dan internasional dengan industri yang memiliki jangkauan pasar domestik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jangkauan pasar industri kerajinan batik di Kabupaten Pamekasan masih belum menjangkau internasional, namun pada kenyataannya kondisi jangkauan pasar batik masih berorientasi domestik yaitu wilayah Indonesia. Hasil analisis model binary logistic regression menunjukkan bahwa terdapat lima variabel yang berpengaruh signifikan terhadap jangkauan pasar nasional dan internasional yaitu variabel pelatihan usaha, teknologi, status badan hukum, modal dan keaktifan berpromosi. Sedangkan variabel tenaga kerja, jaringan pemasok bahan baku, umur industri dan pendidikan pengusaha tidak berpengaruh terhadap jangkauan pasar nasional dan internasional. Kata Kunci : Sentra Batik, Industri Kerajinan Batik dan Jangkauan Pasar.

    Abstraction

    Yufita Listiana, The Analysis of Factors That Influence the Decision of Market Range for Producer (Study of Batik Industry at Proppo, Pamekasan regency). Under the guidance of Dr. Kurniyati Indahsari, M.Si and Tripitono Adi Prabowo, S.E., ME. The research aim is to analyze market range factors that influence the decision of market range for producer of batik industry at Proppo, Pamekasan regency. This research used primary data from structured interview to ward 85 respondents who are the owners of batik industry at Proppo, Pamekasan regency. Binary logistic regression model analysis is used to understand factors that differentiate between industry which has national and international market range and those who has domestic market range. This research shows that the market range of batik industry at Pamekasan regency is not reach international market yet, however in the fact that the condition of market range is still domestic oriented, that is area of Indonesia. The result of binary logistic regression model analysis shows that there are five variables that influence significantly to the national and international market range, those are work training variable, technology, legal entity status, financial capital and promotion activity. Whereas, labor variable, network of raw material supplier, industrial lifetime and entrepreneur education do not give the influence to the national and international market range. Keywords: Batik Centre, Batik Industry, and Market Range

Detail Jurnal