Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, PERILAKU BELAJAR, EFIKASI DIRI, DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP PEMAHAMAN AKUNTANSI KEUANGANPenulis : Desy Dwi MurniDosen Pembimbing I : Junaidi, SE.,M.Si.,AkDosen Pembimbing II :Emi Rahmawati, SE.,M.SiAbstraksi
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh kecerdasan emosional, perilaku belajar, efikasi diri, dan kecerdasan spiritual terhadap pemahaman akuntansi keuangan. Penelitian ini menggunakan data primer yaitu dengan menyediakan pertanyaan dalam bentuk kuesioner yang dibagikan kepada responden yang merupakan mahasiswa yang masih aktif di prodi akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Trunojoyo Madura. Data sekunder digunakan untuk mengetahui jumlah mahasiswa angkatan tahun 2010 di bagian akademik. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi fakultas ekonomi Universitas Trunojoyo Madura angkatan 2010 sebanyak 87. Sehingga semua populasi dijadikan sebagai sampel yang disebut dengan teknik penelitian studi populasi atau sensus. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda, yang mana analisis regresi linier berganda bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel kecerdasan emosional, perilaku belajar, efikasi diri, dan kecerdasan spiritual terhadap pemahaman akuntansi keuangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecerdasan emosional dan perilaku belajar tidak berpengaruh signifikan terhadap pemahaman akuntansi keuangan. Sedangkan efikasi diri dan kecerdasan spiritual berpengaruh signifikan terhadap pemahaman akuntansi keuangan. Kata kunci : Kecerdasan emosional, perilaku belajar, efikasi diri, kecerdasan spiritual, pemahaman akuntansi keuangan.
AbstractionABSTRACT This research aims to empirically examine the influence of emotional intelligence, behavioral learning, self-efficacy, and spiritual intelligence to the understanding of financial accounting. This research used primary data by making inquiries in the form of questionnaires distributed to respondents who are are still active students in the accounting department of the Economics Faculty, Trunojoyo University. Secondary data was used to know the number of students in the academic year 2010. Population within this research was extention accountancy student of Economics Faculty Trunojoyo University 2010 about 87. So that all of the population used as a sample called research techniques or census population studies . The analytical method used is multiple regression analysis, in which multiple linear regression analysis aimed to determine the effect of the variables of emotional intelligence, behavioral learning, self-efficacy, and spiritual intelligence to the understanding of financial accounting. The results of this research indicated that emotional intelligence and behavioral learning, does not significantly influence the understanding of financial accounting. While the self-efficacy and spiritual intelligence significantly influence the undestanding of financial accounting. Keywords : emotional intelligence, behavioral learning, self-efficacy, spiritual intelligence, understanding of financial accounting.