Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, GROWTH, DAN MEDIA EXPOSURE TERHADAP PENGUNGKAPAN TANGGUNGJAWAB SOSIAL PERUSAHAAN
    Penulis : Lilis Ekowati
    Dosen Pembimbing I : Dr.Prasetyono, S.E.,M.Si.,Ak
    Dosen Pembimbing II :Anis Wulandari, S.E.,MSA.,Ak.,CA
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh profitabilitas, likuiditas, growth, dan media exposure terhadap pengungkapan CSR. Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2010-2012. Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa laporan tahunan perusahaan yang diperoleh melalui website Bursa Efek Indonesia tahun 2010-2012. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, sehingga diperoleh jumlah sampel 57. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan CSR. Likuiditas tidak berpengaruh terhadap pengungkapan CSR. Growth tidak berpengaruh terhadap pengungkapan CSR. Media exposure berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan CSR. Kata kunci : Profitabilitas, Likuiditas, Growth, Media Exposure, CSR.

    Abstraction

    This study purposes to examine the effects of profitability, liquidity, growth, and media exposure to Corporate Social Responsibility Disclosure. The population of this study is manufacturing companies listed in Indonesia Stock Exchange (IDX) in 2010-2012. This study uses secondary data from company annual reports obtained through the website of the Indonesia Stock Exchange in 2010-2012. The sampling technique using purposive sampling, in order to obtain the number of samples 57. The method of data analysis used is multiple regression analysis. The results of this study indicate that a significant effect on the profitability of CSR disclosure. Liquidity no significant effect on CSR disclosure. Growth has no effect on CSR disclosure. Media exposure significantly influence CSR disclosure. Keywords: Profitability, Liquidity, Growth, Media Exposure, CSR.

Detail Jurnal