Detail Karya Ilmiah
-
EVALUASI KINERJA KEUANGAN DAN NON KEUANGAN RSUD Dr. SOEGIRI LAMONGAN DENGAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARDPenulis : ALREZA BAGUS MAHENDRADosen Pembimbing I : Junaidi, SE., M.Si., Ak., CA.Dosen Pembimbing II :Muhammad Syam Kusufi, SE.,MSc.Abstraksi
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kinerja baik keuangan maupun non keuangan RSUD Dr. Soegiri Lamongan yang telah ditetapkan menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) dengan pendekatan metode Balanced Scorecard sebagai sebuah metode yang dapat mengukur kinerja meliputi empat perspektif yaitu perspektif pelanggan, perspektif keuangan, perspektif bisnis internal, serta perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan menggunakan data berupa kuisioner dan data sekunder dari rumah sakit selama 3 tahun, yaitu tahun 2011-2013. Pengukuran kinerja perspektif pelanggan dilihat dari tingkat kepuasan pelanggan dengan menggunakan skala likert, pengukuran kinerja keuangan dinilai menggunakan Perdirjen Perbendaharaan No. 36 PB/2013 Tentang Pedoman Penilaian Kinerja Keuangan Badan Layanan Umum, pengukuran kinerja proses bisnis internal dinilai dengan standar pelayanan rumah sakir, serta pengukuran kinerja perspektif pembelajaran dan bertumbuh dilihat dari tingkat kepuasan pegawai dengan menggunakan skala likert. Dari hasil penelitian menggunakan metode Balanced Scorecard dapat diperoleh beberapa variasi hasil pencapaian kinerja. Perspektif pelanggan dinilai cukup baik dengan beberapa rekomendasi perbaikan kinerja, pespektif keuangan mengalami penurunan dan kenaikan predikat yang disebabkan karena kenaikan dan penurunan pada aspek rasio keuangan namun pada aspek kepatuhan cenderung stabil. Pada perspektif bisnis internal dinilai belum memenuhi angka ideal pelayanan rumah sakit pada empat indikator dari enam indikator penilaian. Perspektif pembelajaran dan pertumbuhan dinilai sudah baik dengan skala likert. Kata kunci : Kinerja, Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), Rumah Sakit, Balanced Scorecard, keuangan dan non keuangan.
AbstractionABSTRACK The objectives of the researsch are to measure performance of both financial and non-financial Hospital Dr. Soegiri Lamongan which has been determined to be a Public Service Board (BLUD ) with the approach of the Balanced Scorecard method as a method that can measure the performance covering four perspectives: customer perspective , financial perspective , internal business perspective , and learning and growth perspective . This type of research is descriptive quantitative research using the data in the form of questionnaires and secondary data from the hospital for three years , ie 2011-2013 . Performance measurement customer perspective seen from the level of customer satisfaction using a Likert scale , measuring the financial performance was assessed using Perdirjen Treasury No. 36 PB / 2013 on Guidelines for Assessment of Financial Performance Public Service Agency , internal business process performance measurement assessed by standard pain in care homes , as well as performance measurement of learning and growth perspective seen from the level of employee satisfaction using a Likert scale . From the research results using the Balanced Scorecard method can be obtained several variations of the achievement of performance . Customer perspective is considered quite good with some recommendations for improvement of performance , financial pespektif decline and rise predicate that due to the increase and decrease in the financial aspect ratio but on aspects of compliance tend to be stable . In the internal business perspective the lack of adherence ideal number of hospital services on four of six indicators assessment indicators . Learning and growth perspective is considered to be good with Likert scale . Keywords : Performance , Public Service Board (BLUD ) , Hospital , Balanced Scorecard , financial and non- financial .