Detail Karya Ilmiah

  • ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NASABAH MEMILIH PEMBIAYAAN SYARIAH
    Penulis : RANITA NORMA HIDAYAH
    Dosen Pembimbing I : PROF.DR.H.NIZARUL ALIM, SE.,MSi.,Ak.,CA
    Dosen Pembimbing II :ANIS WULANDARI, SE., MSA., Ak.,CA
    Abstraksi

    Tujuan dari sebuah penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh kebutuhan, bagi hasil/nisbah, agama dan produk secara simultan maupun parsial terhadap nasabah dalam memilih pembiayaan syariah.Penelitian ini mengggunakan metode kuantitatif dengan tujuan menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Sampel dalam penelitian ini adalah nasabah yang memilih pembiayaan syariah. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster sampling. Untuk pengujian instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas, sedangkan teknik analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kebutuhan, bagi hasil/nisbah, agama, dan produk berpengaruh secara simultan terhadap nasabah yang memilih pembiayaan syariah. Sedangkan secara parsial kebutuhan, agama dan produk berpengaruh signifikan terhadap nasabah dalam memilih pembiayaan syariah. Namun secara parsial bagi hasil/nisbah tidak berpengaruh signifikan terhadap nasabah memilih pembiayaan syariah dikarenakan ketidakpedulian nasabah pada bagi hasil/nisbah yang diberikan oleh bank syariah. Kata kunci : kebutuhan, bagi hasil/nisbah, agama, produk, pembiayaan syariah

    Abstraction

    The purpose of the study is to examine and analyze the partial and simultaneous influence of needs, profit sharing/ nisbah, religion and products on customers in selecting syaria financing. The study applies quantitative method in which purpose is examine the hypothesis set. The samples are customers that choose syaria financing. Samples collecting method used is cluster sampling. Instrument examination used is validity and reliability test, while the data analysis technique for hypothesis testing applied is multiple linear regressions. The result of the study shows that needs, profit sharing/ nisbah, religion and products simultaneously influence the customers preference in selecting syaria financing, while in partial, needs, profit sharing/ nisbah, religion and products significantly influence the customers preference in selecting syaria financing. In the other side, profit sharing/ nisbah does not partially and significantly influence the customers preference in selecting syaria financing because of customers’ passivity of the profit issued by syaria banks. Keywords: nees, profit sharing/ nisbah, religion, product, syaria financing.

Detail Jurnal