Detail Karya Ilmiah
-
Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Nokia (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Trunojoya Madura)Penulis : SupiyaniDosen Pembimbing I : Dr. Ir. Nurita Andriani, MMDosen Pembimbing II :Suyono, SE. M. S. MAbstraksi
Atribut Produk merupakan segala yang bisa ditawarkan ke pasar untuk diperhatikan, dimiliki digunakan, atau dikonsumnsi yang bisa memuaskan kebutuhan atau keinginan. Itu mencakup objek fisik, jasa, orang, tempat, organisasi, dan ide. Banyak perkembangan dan fitur-fitur baru yang ditawarkan Nokia, dari mulai N-series yang dilengkapi berbagai fitur multimedia, E-series yang dipersenjatai dengan beragam fitur yang menunjang keperluan bisnis. Hingga saat ini Nokia tidak berhenti melakukan penelitian dan pengembangan terhadap teknologi komunikasi. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui Atrbut Produk yang terdiri secara simultan yang berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Handphone Nokia pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Trunojoyo Madura., (2) Untuk mengetahui Atribut Produk secara Parsial yang berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Handphone Nokia pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Trunojoyo Madura, (3) Untuk mengetahui variabel manakan yang dominan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian Handphone Nokia pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Trunojoyo Madura. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang berusaha untuk mengetahui bagaimana Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Nokia (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Trunojoya Madura). Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan 60 responden. Teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara, studi pustaka, dan kuesioner dan menggunakan skala likert untuk mengukur jawaban responden. Untuk menguji instrumen menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Sedangkan teknik analisis data yaitu menggunakan analisis regresi linier berganda karena variabel yang digunakan lebih dari dua variabel, dengan uji F dan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Kualitas Produk, Fitur, Desain, Kemasan, dan Merek secara parsial dan simultan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian Handphone Nokia. Variabel desain berpengaruh dominan terhadap Keputusan Pembelian Handphone Nokia (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Trunojoya Madura). Kata Kunci : Kualitas Produk, Fitur, Desain, kemasan, Merek, dan Keputusan pembelian.
AbstractionProduct attributes are all that can be offered to market in order to be noticed, owned, used or consumed for the need or desire’s satisfaction. It includes physical object, service, people, place, organization or idea. Lots of development and new features offered by Nokia, started from N-series that complete with multimedia features until E-series that equipped with variety features for business application support. Until now, Nokia is continuing the research and development of communication technology. The purposes of this study are: (1) to determine the product attributes that significantly and simultaneously influence the purchasing decisions of Nokia Cell Phone on Students of Economic Faculty, University of Trunojoyo Madura, (2) to determine the product attributes that partially and significantly influence the purchasing decisions of Nokia Cell Phone on Students of Economic Faculty, University of Trunojoyo Madura and, (3) to determine the variable that has dominant influence on purchasing decision of Nokia Cell Phone on Students of Economic Faculty, University of Trunojoyo Madura. The study applies quantitative approaches that try to determine the influence of product attributes on purchasing decision of Nokia Cell Phones (study on students of Economic Faculty, University of Trunojoyo Madura). Samples collecting technique used is purposive sampling with total respondents are 60. Data collecting technique applied are interview, literary research and questionnaire. Likert scale is implemented for respondents respond measurement. The instrument testing used is validity, reliability, and classical assumption test, while the data analysis technique applied are t and F test and multiple linear regressions. Results of study show that the variable of product, features, design, package and brand simultaneously significantly influence the purchasing decisions of Nokia Cell phone. Variables of product, features, design, package and brand partially significantly influence the he purchasing decisions of Nokia Cell phone. Variable of design dominantly influence the purchasing decisions of Nokia Cell phone (study on students of Economic Faculty, University of Trunojoyo Madura). Keywords: product quality, features, design, package, brand and purchasing decisions.