Detail Karya Ilmiah

  • Strategi Pemasaran Wisata Pantai Camplong Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Di Sampang
    Penulis : fausah
    Dosen Pembimbing I : Dr. H. Pribanus Wantara, DRS., MM.
    Dosen Pembimbing II :Fathor AS, S.E., MM.
    Abstraksi

    FAUSAH, “Strategi Pemasaran Wisata Pantai Camplong Dalam Meningkatkan Kujungan Wisatawan Di Sampang”. Dibawah bimbingan Bapak Dr. H. Pribanus Wantara, Drs. MM. dan Bapak Fathor AS, SE., MM. Penelitian ini bertujuan untuk mengalisis faktor-faktor yang menyebabkan kurang berkembangnya Wisata Pantai Camplong dan merumuskan strategy yang baik untuk di terapkan dalam mengembangkan Wisata Pantai Camplong. Penelitian ini di lakukan di desa Camplong kabupaten Sampang dan dalam mengalisis data yang di peroleh, penulis menggunakan analisis SWOT sebagai alat untuk mendapatkan hasil dari penelitian ini. Berdasarkan analisis SWOT pilihan strategi yang paling dominan, adalah strategi SO (Strength Opportunity) : strategi memanfaatkan seluruh kekuatan untuk membuat dan memanfaatkan peluang yang sebesar-besarnya yaitu: (1) Lebih sering digelar event-event dilokasi wisata untuk menarik pengunjung; (2) Peningkatan sarana pendukung wisata seperti, sarana akomodasi, kedai-kedai dan souvenir untuk pengunjung; (3) Mempertahankan posisi sebagai tempat yang mudah dijangkau serta mengikutsertakan masyarakat dalam pengembangannya; (4) Menerapkan strategi promosi yang memanfaatkan perkembangan teknologi serta didukung oleh manajemen pengelolahan yang baik. Kata kunci : Strategi pemasaran, analisis lingkungan internal dan eksternal, analisis SWOT.

    Abstraction

    FAUSAH, “The Marketing Strategy of Camplong Tourism to Increase the Visitors in Sampang” A thesis management departement, economy faculty of Trunojoyo university Madura. Advisors: 1). Mr. Dr. H. Pribanus Wantara,Drs.MM 2). Mr. Bapak Fathor AS, SE., MM. This analysis is purposed to analyze the factors which cause the lack of development of Camplong tourism and formulate good strategy to be done in developing Camplong tourism. This analysis is held in Camplong village in Sampang regency and in analyzing the data, the writer uses analysis SWOT as the main tool to get the result of this analysis. According to SWOT analysis, the most dominant strategy that becomes choices is SO (Strength Opportunity) strategy. This strategy uses all the strength to make and benefitted the oppourtunity, that is : 1) Creates events more reguler in the tourism place to intrigue the visitor; 2) Increase supporting fasilities like as accommodation fasilities, shops and souvenirs for visitors; 3) Mountain the position of tour location being easiest to be reach out and participated the society within it’s development; 4) Apply promotion strategy that uses technological development and supports by good processing management. Key words : Marketing strategy, internal and eksternal environment, SWOT analysis.

Detail Jurnal